Dark/Light Mode

Terapkan Hasil Riset

Menristek Cek Kesiapan Produksi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Kamis, 26 November 2020 19:22 WIB
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro (tengah) saat mengunjungi PT. Mobil Anak Bangsa, di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (26/11).
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro (tengah) saat mengunjungi PT. Mobil Anak Bangsa, di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (26/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro, mengunjungi PT. Mobil Anak Bangsa (MAB) di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (26/11). Kunjungan ini dilakukannya untuk meninjau kesiapan produksi kendaraan listrik berbasis baterai yang dikembangkan perusahaan tersebut.

Baca juga : Menkes Beri Penghargaan Untuk Tiga Bandara Angkasa Pura I

  "Tentu ini bagus sekali. Kendaraan listrik perlu dikembangkan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang bersifat terbatas dan secara perlahan dapat berpotensi merusak lingkungan," kata Bambang.

Baca juga : Pertamina Fasilitasi Bank Sampah Produksi Energi Terbarukan

Selain meninjau kesiapan produksi, Bambang menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara PT. MAB dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Universitas Sebelas Maret dan Institut Teknologi Sepuluh November. Kerja sama ini berupa pengaplikasian hasil riset untuk keperluan manufaktur baterai kendaraan.

Baca juga : Pjs Gubernur Kepri Ingatkan Pentingnya Prokes Dan Memilih Pemimpin Terbaik

Bambang berharap, sinergi ini dapat meningkatkan daya saing industri kendaraan listrik nasional. Pengembangan komponen baterai bagi kendaraan listrik merupakan salah satu program Prioritas Riset Nasional 2020-2024.  Dengan semakin meningkatkan kesadaran lingkungan serta kebutuhan akan energi ramah lingkungan, komponen ini menjadi cukup vital untuk dapat dikembangkan di dalam negeri. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.