Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Klaster Baru Libur Panjang

Isolasi Mandiri Selama 10 Hari Tes PCR Dulu Sebelum Ngantor

Selasa, 5 Januari 2021 05:15 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Istimewa).
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Syahar Banu menyambung. Dia juga menyarankan masyarakat yang habis liburan Natal dan Tahun Baru ke luar kota, agar isolasi mandiri dan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dulu sebelum ngantor.

“Kasian temen-temen yang nahan diri untuk nggak liburan selama pandemi tapi ikut ketu­laran,” kata dia mengingatkan.

Hal serupa disampaikan @nutanews184. Dia meminta masyarakat yang liburan atau berkegiatan di luar kota saat pulang ke Jakarta sadar untuk melakukan isolasi mandiri. Termasuk, melakukan tes apapun yang diperlukan dalam beberapa minggu ke depan. “Ini guna mengantisipasi peluang penyebaran dan semoga pada sehat juga,” harap dia.

Baca juga : Setiap Rumah Wajib Punya Kader Corona

Sandra mewanti-wanti adanya klaster baru penyebaran Covid-19. Pemerintah, kata dia, selalu mengimbau masyarakat waspada bahaya pandemi. “Bila keluar kota, usahakan isolasi mandiri 5-10 hari atau mengurangi kegiatan keluar,” kata dia.

“Harusnya memang ada kesadaran pribadi buat yang barusan kembali dari liburan. Isolasi mandiri dulu sebelum beraktivitas,” sahut Mas Djay.

“Yang pulang liburan nanti tapi nggak iso­lasi mandiri, coret aja yuk dari pertemanan. Udah terlalu kelewatan,” ajak Artanto Ishaam dengan kesal.

Baca juga : Pemerintah Tetap Beri Bantuan Iuran Peserta JKN-KIS Mandiri Kelas 3 Di Tahun 2021

Uni Lubis mengusulkan agar kantor mengge­lar tes massal sebelum mulai work from office, dan mengulanginya setiap bulan. Supaya semua merasa aman. Selain itu, kapasitas masuk kan­tor maksimal 35 persen sampai tercapai herd immunity. “Atau bisa juga lanjutkan WFH,” saran dia.

Om Dlahom menimpali. Dia mengatakan, setelah libur Tahun Baru, semua karyawan kantor wajib swab antigen. Bahkan, kata dia, sampai tenaga harian lepas juga diminta tes dengan biaya perusahaan. “Padahal sebagian juga WFH, dan semacam ini untuk ketiga kalinya,” klaim dia.

Tukang Sate ikut berkomentar. Dia bilang, di kantornya sudah keluar protokol kesehatan pasca liburan. Yaitu, dengan mengisi form dan wajib isolasi mandiri 14 hari. “Kalau dari luar kota dengan dua kali tes negatif, baru diperbolehkan Work From Office (WFO),” katanya. [TIF]  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.