Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menkes BGS: Rabu 13 Januari, Jokowi Divaksin Covid

Selasa, 5 Januari 2021 13:13 WIB
Menkes BGS: Rabu 13 Januari, Jokowi Divaksin Covid

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi Covid-19 perdana, akan dimulai pekan depan, Rabu (13/1). Presiden Jokowi dipastikan menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin. Disusul para menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/1) di Jakarta. Bapak Presiden menjadi orang pertama yang divaksin," kata BGS dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/1).

Berita Terkait : Menkes: Perlu 15 Bulan Untuk Tuntaskan Vaksinasi Covid

Vaksinasi juga dilakukan di 34 provinsi pada hari yang sama. Seluruh kepala daerah akan mengikuti proses vaksinasi, untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap vaksin Covid-19.

Selain itu, kepala daerah juga diharapkan dapat melibatkan para tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh, untuk diikutsertakan.

Berita Terkait : Bertemu Menkes, Panglima TNI Sampaikan Dukungan Vaksinasi Covid-19

"Jadwal vaksinasi untuk tenaga kesehatan, mohon diperhatikan. Kemungkinan, mereka butuh istirahat usai vaksinasi," ujar BGS.

 "Arahan dari Bapak Presiden, kemungkinan akan ada sedikit dampak. Misalnya pegel sedikit, demam sedikit. Jadi, dalam satu Puskesmas, misalnya ada 4 perawat, jangan sampai divaksin semua di hari yang sama. Kita antisipasi betul efek itu. Bisa dicicil 2 orang dulu," jelasnya. [DIR]