Dark/Light Mode

Terima Ikatan Wartawan Online, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kualitas Insan Pers

Selasa, 12 Januari 2021 17:36 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (berbatik kuning) saat menerima Dewan Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO), di Ruang Kerja Ketua MPR, Jakarta, Selasa (12/1). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (berbatik kuning) saat menerima Dewan Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO), di Ruang Kerja Ketua MPR, Jakarta, Selasa (12/1). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak seluruh insan pers agar selalu meningkatkan kualitas diri serta organisasi, sehingga karya-karyanya bisa berdampak baik untuk bangsa dan negara. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 ini, profesionalisme wartawan Indonesia semakin diuji untuk mampu menyajikan berita yang akurat dan terpercaya 

"Pers merupakan jembatan informasi kepada rakyat di seluruh pelosok Indonesia. Karenanya, insan pers harus menjunjung tinggi kode etik, kaidah jurnalistik, serta menjaga keseimbangan dalam melakukan berbagai kegiatan pers. Jangan sampai pemberitaan yang sampai kepada rakyat meleset dari prinsip kebenaran," pesan Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat menerima Dewan Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO), di Ruang Kerja Ketua MPR, Jakarta, Selasa (12/1).

Berita Terkait : Bertemu Sandi, Bamsoet Ajak Kemenparekraf Kembangkan Sport Automotive Tourism

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menuturkan, dalam Survei Digital 2020 yang dikeluarkan We are Social, Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan pertumbuhan populasi internet terbesar dunia, setelah India dan China. Tercatat, pengakses internet di Indonesia meningkat 17 persen dalam satu tahun terakhir atau meningkat sekitar 25,3 juta pengakses internet.

"Penetrasi pengguna internet di Indonesia meningkat mencapai 64 persen atau sekitar 175 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet. Rata-rata, dalam sehari, setiap pengguna internet di Indonesia menghabiskan 7 jam 59 menit untuk mengakses internet. Lamanya waktu mengakses internet di Indonesia lebih besar dari rata-rata dunia yang hanya 6 jam 45 menit," kata Bamsoet.

Berita Terkait : Bareng Tina Bule dan Anna Bule, Bamsoet Bagikan Give Away Sepeda Kuning Untuk Followernya

Karenanya, Ketua DPR ke-20 ini mengingatkan IWO untuk bisa memberikan edukasi yang baik dan benar kepada masyarakat. Apalagi pemberitaan berbasis online tidak dipungkiri di era ini menjadi yang paling mengemuka.

“Saya juga sangat mengapresiasi IWO yang sangat peduli dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR. MPR membuka tangan selebar-lebarnya kepada siapa saja, termasuk kepada insan pers Indonesia untuk bersama-sama melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada seluruh lapisan masyarakat," pungkas Bamsoet. [USU]