Dark/Light Mode

Iconomics Ingatkan Pentingnya Peran Humas Di Era Digital

Sabtu, 19 Desember 2020 17:19 WIB
Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro. (Foto/Ist)
Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro. (Foto/Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran public relations (PR) atau Humas di berbagai organisasi termasuk di perusahaan hingga Kementerian akan semakin dibutuhkan. Apalagi di era keterbukaan informasi yang makin cepat.

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro mengatakan, era digital membuat arus informasi begitu cepat bahkan berita bohong siap mengancam nama besar perusahaan atau institusi.

Dalam kondisi tersebut Iconomics menilai bahwa PR memiliki peran sangat penting.

"PR itu adalah Garda terdepan untuk menyampaikan informasi yang terarah terukur, terstruktur, terpola dan terpercaya," kata Bram dalam Iconomics Indonesia PR Person Award 2020 yang digelar virtual, Jumat (18/12).

Baca juga : Jokowi: Kayak Digigit Semut, Tik Gitu Aja

Melalui Iconomics Indonesia PR Person Award 2020, pihaknya memberikan apresiasi kepada 40 kepada individu yang memiliki peran dalam kehumasan di masing-masing instansinya.

Bram melanjutkan lagi, kemudahan akses internet dan banyaknya saluran informasi dan komunikasi seperti sosial media yang banyak digandrungi di Indonesia menjadi tantangan bagi PR.

Bahkan PR dituntut semakin cepat dan sigap untuk memberikan pernyataan yang benar ketika muncul informasi yang salah di tengah-tengah publik.

"Informasi yang mengalir berputar dan viral inilah tantangan besar bagi kita semua. Terutama bagi yang memiliki kecakapan lebih dalam melakukan verifikasi informasi," paparnya.

Baca juga : Polisi Siapkan 500 Alat Tes Antigen Di Perbatasan Jakarta Timur

Dia berharap apresiasi kepada para praktisi PR atau kehumasan ini dapat mendorong para insan PR yang lainnya untuk meningkatkan perannya.

Harapan lainnya adalah memotivasi agar muncul praktisi-praktisi PR yang mumpuni serta inovatif dan kreatif. Iconomics memberikan apresiasi kepada insan humas atau public relations (PR) melalui Iconomics Indonesia PR Person Award 2020.

Apresiasi tersebut diberikan kepada individu yang memiliki peran dalam kehumasan di masing-masing instansinya. Adapun Award ini memilih 40 insan PR berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Iconomics Research.

Insan PR yang terpilih berasal dari perusahaan, kementerian, lembaga dan organisasi. Mereka antara lain Agung Laksamana dari Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas), Fajriyah Usman dari PT Pertamina (Persero), Arif Prabowo dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

Baca juga : Kementan Tingkatkan Mutu Genetik Sapi Perah Lewat Uji Zuriat

Ada juga Arya Mahendra Sinulingga dari Kementerian BUMN, Devy Suradji dari PT Angkasa Pura I (Persero), Yado Yarismano dari Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Basair dari Aksi Cepat Tanggap, Nila Marlita dari PT Aplikasi Anak Bangsa (Gojek), dan masih banyak lagi.

“Kriteria penilaian Iconomics PR Person Award 2020 berdasarkan 3 aspek, yakni exposure, influence, dan creativity,” tukas Bram. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.