Dark/Light Mode

Sungai Pengkol Meluap, 33 Rumah Dan 120 Warga Terendam Banjir

Senin, 18 Januari 2021 13:02 WIB
Puluhan rumah dan 120 jiwa terdampak meluapnya Sungai Pengkol, Kota Semarang. ((Foto: BPBD Kota Semarang)
Puluhan rumah dan 120 jiwa terdampak meluapnya Sungai Pengkol, Kota Semarang. ((Foto: BPBD Kota Semarang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat Pengendalian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, melaporkan kurang lebih 33 unit rumah dan 120 jiwa terdampak dengan Tinggi Muka Air (TMA) rata-rata 200 cm akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai banjir kiriman.

Banjir kiriman datang dari wilayah hulu yang mengakibatkan Sungai Pengkol, Kota Semarang, meluap pada Minggu (17/1) pukul 17.00 WIB. 

Berita Terkait : Kali Lamong Meluap, 9 Desa Di Gresik Terendam Banjir

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB,  Raditya Jati mengatakan, sampai saat ini tim BPBD masih melakukan pendataan terhadap jumlah warga yang harus mengungsi.

“Kondisi di lokasi banjir saat ini telah berangsur surut, sementara tim BPBD melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penangan dampak meluapnya sungai Pengkol,” kata  Raditya, Senin (18/1).

Baca Juga : Menteri Teten Rampingkan Jabatan Pejabat Eselon I Kemenkop UKM

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Provinsi Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai kilat/petir.

Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga di tengah musim hujan yang akan terjadi di sejumlah wilayah hingga Februari 2021. Masyarakat juga dapat memantau informasi prakiraan cuaca melalui BMKG serta memeriksa potensi bencana di sekitar wilayah melalui InaRisk. [FIK]