Dark/Light Mode

Artis Pengisi Acara Di TV Kasih Contoh Buruk

Pake Face Shield Tapi Nggak Bermasker, Tak Ada Gunanya

Selasa, 19 Januari 2021 05:09 WIB
Ilustrasi face shield (Foto : Shutterstock/ST Art)
Ilustrasi face shield (Foto : Shutterstock/ST Art)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat diminta tidak menjadikan protokol kesehatan (prokes) sebagai mainan. Banyak yang masih tidak benar menerapkan prokes.

“Sebagai contoh masker. Seharusnya masker menutupi bagian mulut dan hidung, malah diturunkan ke bawah,” kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat diskusi secara daring di Jakarta, Rabu (13/1).

Penggunaan masker yang tidak tepat, kata Doni, juga terjadi di acara televisi. Dia menyayangkan perbuatan tersebut. Dia khawatir, kelakuan para figur publik itu menjadi contoh yang salah kepada masyarakat.

“Masalah protokol kesehatan jangan dibuat bercanda. Jangan dianggap mainan,” tegas mantan Danjen Kopassus ini.

Berita Terkait : Wisma Atlet Mau Tambah 400 Perawat

Terlebih lagi, kata Doni, kasus positif Covid-19 terus meningkat. Kasus baru per 13 Januari saja, menyentuh angka 11.278 kasus.

Doni mengajak masyarakat terus melatih dan membiasakan diri menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, masyarakat juga diajak mulai melatih diri menggunakan masker saat tidur.

“Saya sudah berlatih memakai masker saat tidur tanpa dilepas dan bisa,” akunya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini yakin, jika masyarakat mau dan bersungguh-sungguh, maka penerapan prokes yang benar dan berkelanjutan bisa dilakukan. Termasuk memakai masker saat tidur.

Berita Terkait : Vaksinasi Covid-19, Lindungi Anak Dan Ibadah Kita

“Semua pihak agar memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun,” ajak Doni.

Netizen kesal banyak figur publik yang tampil di acara televisi tidak memakai masker. Sekarang, kebanyakan para entertainer ketika manggung di televisi hanya mengena­kan face shield.

“Saat ini, di televisi muncul fenomena menggunakan face shield sebagai alat pro­teksi para pekerja seni mencegah penularan Covid-19,” beber dr Jaka Pradipta Sp.

“Pemandangan baru di layar televisi. Masker menggantikan face shield,” saut Vonny Cornelia.

Berita Terkait : Waktunya Kepala Daerah Kompak Tangani Corona

Nilli Anjani menyambung. Kata dia, dalam acara televisi, banyak artis-aktor yang hanya memakai face shield yang terbuat dari plastik tanpa menggunakan masker. Dia menegaskan, memakai face shield tanpa memakai masker perbuatan keliru.

Face shield hanya proteksi tambahan setelah memakai masker, bukan menggantikan masker,” tukasnya.
 Selanjutnya