Dark/Light Mode

Tetap Waspada Dan Jalani Protokol Kesehatan

Jangan Lengah, Zona Hijau Belum Tentu Aman Covid

Jumat, 22 Januari 2021 05:59 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid- 19 Sonny Harry B. Harmadi. (Foto : Istimewa).
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid- 19 Sonny Harry B. Harmadi. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Nadiaisabella_ meminta daerah zona hijau tidak abai terhadap protokol kesehatan.

“Jangan lengah! Zona hijau tak berarti bebas dari Covid-19. Abai disiplin protokol kesehatan, level risiko akan naik kembali,” katanya.

Amna69034361 bercerita tentang daerahnya. Semula, daerahnya zona merah, kemudian pulih menjadi zona hijau. Tapi kini, kembali menjadi zona merah.

Baca juga : Berenang Di Masa Pandemi Boleh Saja, Asalkan .....

“Qodarullah, Corona naik, turun, naik. Tadinya masuk zona merah kemudian zona hijau kemudian merah lagi..,” katanya.

Amna69034361 mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga prokes sebagai ikhtiar ter­hindar dari Covid-19. Yaitu dengan mematuhi 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak).

Menurut AnisaMahrni, zonasi wilayah tidak bisa dijadikan sebagai tolok ukur un­tuk melonggarkan prokes. Soalnya, status zona sewaktu-waktu bisa berubah, sangat tergantung pada kesadaran masyarakat dan para tokoh yang mau segera Covid-19 ini kelar.

Baca juga : Relawan Dan Korban Bencana Alam Tetap Patuhi Prokes...

Senada, 0411Vee meminta publik tidak berpatokan pada zonasi wilayah. Sebaiknya masing-masing individu kudu waspada dan tetap hati-hati terhadap penularan virus Corona. “Jangan merasa aman dengan zona aman (hijau/ kuning),” ingatnya.

“Kendati sudah zona hijau jangan abai protokol kesehatan. Ambil pengalaman negara lain yang sudah berulang sehingga lockdown kem­bali,” timpal eddybroadcaster.

Risnaray9 mengatakan, Covid-19 akan menyerang daerah yang mobilisasi warganya terus berjalan. Dia bilang, belajarlah dari negara-negara di eropa yang lalai, sehingga kasus positif Corona kembali melonjak.

Baca juga : Demam Usai Divaksin, Itu Wajar Ya

“Kita tidak bisa cek 100 persen kita bersih. Gunakan akal sehat kita,” kata Risnaray9.

“Buat yang kerja dan aktivitas di luar tetap sehat yo. Jaga daya tahan tubuh. Percayalah, yang jaga protokol dan selalu berada di zona hijau masih bisa terinfeksi Covid-19,” tutur ilsyah1.

La_suha meminta seluruh kepala daerah bergerak aktif menangani pandemi Covid-19. Saat ini, kepala daerah lebih baik fokus men­jaga dan mengedukasi masyarakat di daerah masing-masing untuk selalu waspada terhadap virus Corona. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.