Dark/Light Mode

Pasien Kian Membludak

Wisma Atlet Mau Tambah 400 Perawat

Selasa, 19 Januari 2021 05:24 WIB
Petugas berpakaian APD lengkap, tengah menata perlengkapan kesehatan di Wisma Atlet Kemayoran. (Dok . Kementerian PUPR).
Petugas berpakaian APD lengkap, tengah menata perlengkapan kesehatan di Wisma Atlet Kemayoran. (Dok . Kementerian PUPR).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat hunian Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, saat ini mencapai 82,73 persen. Agar tak kewalahan, pihak RSD berencana menambah 400 tenaga kesehatan.

Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono membeber­kan, saat ini jumlah pasien di Wisma Atlet mencapai 4.959 orang. Sementara jumlah tem­pat tidur yang ada sebanyak 5.994.

“Jadi tinggal 1.035 bed yang ada,” ujar Tugas dalam diskusi BNPB, di Jakarta, kemarin.

Saat ini, setiap beberapa hari Wisma Atlet mendatangkan perawat tambahan. Rencananya, akan ada tambahan 400 perawat di RSD itu. “Hari ini kalau tidak salah datang 80 perawat,” imbuhnya.

Berita Terkait : Ingat, Prokes 3M Ojo Kendor Yo..!

Selain perawat, Wisma Atlet akan menambah sejumlah tenaga non- medis. Di antaranya, petu­gas laboratorium, farmasi hingga petugas limbah.

Tugas menyebut, RSD sudah tidak bisa lagi menampung pasien atau Orang Tanpa Gejala (OTG) di Tower 4, 5, 6, dan 7.

Sebab, mayoritas pasien seka­rang menunjukkan gejala ringan sampai berat. Pasien Covid-19 tanpa gejala akan dialihkan ke Tower 8 dan 9 di Wisma Atlet Pademangan.

“Jadi, teman-teman dokter dan perawat di RSD Wisma Atlet betul-betul fokus memberikan pelayanan khusus untuk pasien sedang atau ringan sampai yang berat,” beber Tugas.

Berita Terkait : Pake Face Shield Tapi Nggak Bermasker, Tak Ada Gunanya

Khusus untuk pasien berge­jala berat, Wisma Atlet terus berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan Covid-19 di sekitar Jabodetabek.

Jika pasien sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan me­dis yang tidak tersedia di RSD Wisma Atlet, mereka bisa lang­sung dirujuk.

“Memang saat ini tidak mu­dah. Justru yang mulai banyak yang bergejala berat kami rawat di sana,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi antrean RS rujukan di DKI, RSD sudah menyiapkan ruangan Intensive Care Unit (ICU) transisi sampai 20 bed, High Care Unit (HGU) 27 bed, dan ruang Neonatus Inteneive Care Unit (NICU) 94 bed untuk di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Berita Terkait : Vaksinasi Covid-19, Lindungi Anak Dan Ibadah Kita

Sejak beroperasi 23 Maret 2020, RSD Wisma Atlet telah di­datangi berbagai kategori pasien Covid-19 hingga jumlahnya mencapai 49.149 orang.

Sebanyak 44.190 orang telah keluar dari RSD Wisma Atlet. Rinciannya, yang sembuh se­banyak 43.584 orang. Sementara yang dirujuk ke RS lain sebanyak 573 orang.

Kemudian, pasien yang meninggal dunia sudah sebanyak 33 orang atau bertambah dua orang dari hari sebelumnya.  [JAR]