Dark/Light Mode

Manado Kembali Terang, PLN Nyalakan Seluruh Gardu Terdampak Pasca Banjir

Minggu, 24 Januari 2021 20:35 WIB
Petugas PLN bekerja keras mengupayakan pemulihan listrik dengan cepat pasca Banjir di Manado. (Dok. PLN)
Petugas PLN bekerja keras mengupayakan pemulihan listrik dengan cepat pasca Banjir di Manado. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN telah menormalkan kembali seluruh sistem kelistrikan di wilayah yang sebelumnya padam akibat banjir di kota Manado sejak Jumat (22/01).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo Leo Basuki mengungkapkan, penormalan dilakukan setelah PLN memastikan kondisi infrastruktur kelistrikan di wilayah tersebut siap untuk dinyalakan dengan memperhatikan serta memprioritaskan keamanan dan keselamatan masyarakat.

Sebelumnya, akibat hujan lebat yang melanda menyebabkan beberapa titik di kota Manado terendam, sehingga PLN terpaksa menghentikan sementara 805 gardu listrik demi keamanan masyarakat agar tidak terjadi bahaya yang disebabkan oleh sistem kelistrikan.

Berita Terkait : Empat Hari Pasca Banjir, PLN Tuntaskan Pemulihan Listrik Manado

“Minggu (24/01) pagi pukul 10.00 sistem kelistrikan sudah normal, seluruh gardu terdampak sudah kami nyalakan. Namun kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati jika hujan kembali turun," ujar Leo Basuki.

Dalam upaya pemulihan tersebut, PLN mengerahkan tim gabungan yang berasal dari Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manado Utara, ULP Manado Selatan, ULP Amurang dan ULP Paniki. Tidak kurang dari 50 personel bekerja kerjas untuk mengupayakan pemulihan listrik dengan cepat.

"Pasca banjir, tim langsung bergerak cepat untuk mengecek kondisi aset kelistrikan, termasuk di kantor PLN yang ikut terendam banjir. Tim juga secara bertahap melakukan pemulihan di daerah terdampak sesuai dengan SOP," tambah Leo.

Berita Terkait : PLN Berhasil Nyalakan Kembali 74.163 Pelanggan Terdampak Banjir Di Kalsel

PLN akan terus bersiaga untuk mengantisipasi apabila kejadian serupa terjadi kembali, sehingga pemantauan di beberapa titik terus dilakukan.

Pelanggan dapat menghubungi PLN jika terjadi masalah pada sistem kelistrikan melalui aplikasi smartphone PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.

Bisa juga lewat Contact Center PLN 123 dengan cara menekan (kode area) 123, Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, atau email PLN di pln123@pln.co.id. [FAZ]