Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, UI Kembangkan Alat Bantu Pernapasan Untuk Pasien Covid

Jumat, 22 Januari 2021 18:35 WIB
Top, UI Kembangkan Alat Bantu Pernapasan Untuk Pasien Covid

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerja sama dengan RSUP Persahabatan dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mengembangkan alat bantu pernapasan high flow nasal cannula (HFNC).

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip high flow oxygen therapy (HFOT), dan ditujukan untuk penanganan pasien positif Covid-19 pada tahap awal.

Baca juga : FPI Kecewa Dengan Kader Banteng Yang Tolak Vaksin

Bertempat di Gedung Pusat Simulasi Respirasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, pada tanggal 7 Januari 2021, telah dilakukan

Demonstrasi dan unjuk fungsi dari alat bantu pernapasan HFNC ini dilakukan pada 7 Januari lalu, di Gedung Pusat Simulasi Respirasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

Baca juga : Trump Tinggalkan Surat Untuk Joe Biden

Acara demomstrasi itu dihadiri oleh Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.; Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI-RS Persahabatan, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FAPSR, FISR.; Perwakilan Pengurus Harian PDPI, Dr. Erlang Samoedro, Sp.P.; serta Perwakilan RSUP Persahabatan, dr. Yudhaputra Tristanto, M. Kes, dan Tim Pengembangan HFNC UI.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. mengatakan, pengembangan alat HFNC merupakan contoh dari kolaborasi antara para pemangku kepentingan di bidang medis dan teknologi.

Baca juga : Apersi Serahkan Sembako Dan Obat-obatan Untuk Korban Gempa Dan Banjir

"Dukungan penuh dari para pemangku kepentingan sangat diperlukan, untuk mengakselerasi pengerjaan HFNC hingga nanti mendapatkan izin penggunaan dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK)," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.