Dark/Light Mode

Top, UI Kembangkan Alat Bantu Pernapasan Untuk Pasien Covid

Jumat, 22 Januari 2021 18:35 WIB
Top, UI Kembangkan Alat Bantu Pernapasan Untuk Pasien Covid

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerja sama dengan RSUP Persahabatan dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mengembangkan alat bantu pernapasan high flow nasal cannula (HFNC).

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip high flow oxygen therapy (HFOT), dan ditujukan untuk penanganan pasien positif Covid-19 pada tahap awal.

Berita Terkait : Corona Di Teras Rumah Tetangga

Bertempat di Gedung Pusat Simulasi Respirasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, pada tanggal 7 Januari 2021, telah dilakukan

Demonstrasi dan unjuk fungsi dari alat bantu pernapasan HFNC ini dilakukan pada 7 Januari lalu, di Gedung Pusat Simulasi Respirasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

Berita Terkait : Terus Berlanjut, BNI Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Sulut Hingga Bogor

Acara demomstrasi itu dihadiri oleh Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.; Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI-RS Persahabatan, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FAPSR, FISR.; Perwakilan Pengurus Harian PDPI, Dr. Erlang Samoedro, Sp.P.; serta Perwakilan RSUP Persahabatan, dr. Yudhaputra Tristanto, M. Kes, dan Tim Pengembangan HFNC UI.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. mengatakan, pengembangan alat HFNC merupakan contoh dari kolaborasi antara para pemangku kepentingan di bidang medis dan teknologi.

Berita Terkait : Takut Gempa Susulan, Masjid Jadi Tempat Merawat Pasien Corona Di Sulbar

"Dukungan penuh dari para pemangku kepentingan sangat diperlukan, untuk mengakselerasi pengerjaan HFNC hingga nanti mendapatkan izin penggunaan dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK)," ujarnya.
 Selanjutnya