Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Keselamatan Warga

PLN Padamkan Sementara Aliran Listrik Di Wilayah Terdampak Banjir Kalimantan Selatan

Jumat, 15 Januari 2021 20:32 WIB
PLN menerjunkan sebanyak 245 personel ke lapangan untuk melakukan lokalisir jaringan, sehingga listrik ke daerah yang tidak terdampak banjir di sebagian wilayah Kalimantan Selatan dapat tersalurkan. (Dok. PLN)
PLN menerjunkan sebanyak 245 personel ke lapangan untuk melakukan lokalisir jaringan, sehingga listrik ke daerah yang tidak terdampak banjir di sebagian wilayah Kalimantan Selatan dapat tersalurkan. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN memutus aliran listrik sementara di wilayah terdampak banjir di sebagian besar Provinsi Kalimantan Selatan. Pemutusan aliran listrik sementara ini untuk menjaga keselamatan warga, akibat air genangan yang masih tinggi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng), Sudirman mengatakan sampai saat ini pihaknya sudah menerjunkan tim dilapangan dan terus melakukan pemantauan debit air di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang terkena musibah banjir.

Adapun antisipasi awal yang dilakukan PLN adalah memutus sementara aliran listrik Pelanggan di daerah terdampak.

Baca juga : Air Sungai Meluap, 21.990 Jiwa Terdampak Banjir Di Kalimantan Selatan

“Dikarenakan debit air semakin tinggi dan berpotensi membahayakan keselamatan masyarakat, langkah awal yang harus kami lakukan adalah memutus sementara aliran listrik ke Pelanggan yang terdampak,” jelas Sudirman, Jumat (15/1/2021)..

Sudirman mengatakan, sampai dengan siang tadi, total sebanyak 879 Gardu Distribusi yang harus dipadamkan, dengan total pelanggan terdampak mencapai 50.645 pelanggan.

Sebagai upaya untuk minimalisir padam listrik di daerah yang tidak terdampak banjir, pihaknya saat ini sudah menerjunkan sebanyak 245 personel langsung ke lapangan untuk melakukan lokalisir jaringan, sehingga listrik ke daerah yang tidak terdampak banjir dapat tersalurkan.

Baca juga : PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan Terdampak Gempa Di Mamuju Dan Majene

“Dari total 879 unit Gardu Distribusi yang terpaksa harus kami padamkan akibat banjir, 113 diantaranya sudah kami alirkan listrik kembali. Kami pastikan akan terus melakukan pemantauan debit air dan segera mengambil langkah cepat melakukan pernomalan suplai ke pelanggan,” ungkap Sudirman.

Untuk diketahui, akibat hujan deras yang hampir mengguyur wilayah Kalimantan Selatan tiga hari bertutur-turut, sejak Rabu (13/1) yang lalu, mengakibatkan debit air semakin tinggi.

PLN berkomitmen akan terus melakukan pemantauan di lapangan, jika debit air menurun, pihaknya akan segera menyalurkan listrik kepada pelanggan.

Baca juga : PLN Pasok Keandalan Listrik Dan Uap Di Wilayah Kerja Rokan

Petugas PLN akan terus melakukan patroli pemantauan situasi dan kondisi debit air di titik lokasi terdampak banjir, jika air mulai surut petugas akan berupaya secepat mungkin menyalurkan kembali aliran listrik ke Pelanggan.

"Selanjutnya jika masyarakat melihat debit air semakin tinggi dan aliran listrik tetap menyala, bantu kami untuk melapor ke PLN melalui layanan Contact Center PLN 123 atau Aplikasi New PLN Mobile,” pungkas Sudirman. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.