Dark/Light Mode

Masker Efektif Cegah Droplet Covid-19

Siapapun Kamu, Apapun Status Kamu, Selalu Gunakan Maskermu

Selasa, 26 Januari 2021 05:15 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro. (Foto : Istimewa).
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Bagi Drpriono1, masker merupakan vaksin yang paling efektif untuk mencegah terinfeksi Covid-19. Syaratnya, kata dia, masker dipakai dengan benar dan konsisten. Efektivitas akan semakin meningkat bila diikuti dengan perilaku rajin cuci tangan dan jaga jarak.

“Dengan memakai masker, kita dapat mem­bantu mengurangi penularan Covid-19. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis masker wajah dapat efektif memblokir droplet atau tetesan berisi virus,” kata NGIndonesia.

Menurut Triwul82, memakai masker adalah kunci memutus mata rantai Covid-19. Kata dia, masker efektif mencegah droplet dan efisien. Termasuk juga, menjaga jarak dan mencuci tangan. “Penting diterapkan mulai dari ling­kungan yang terkecil,” kata Triwul82.

Baca juga : Mengenal Donor Darah Plasma Konvalesen, Untuk Sembuh Dari Covid-19

KelianBanjar_GK mengingatkan netizen untuk tidak menyepelekan pentingnya memakai masker saat keluar rumah. Kata dia, memakai masker merupakan cara paling efektif untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan Covid-19.

Menurut KotaPtk, memakai masker sama den­gan menjaga orang tersayang dari Covid-19. Dia pun mengajak semua elemen masyarakat secara bersama-sama selalu memakai masker saat aktivi­tas di luar rumah. “Memakai masker dinilai efektif mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

“Guys, mari kita benar-benar melakukan prokes dan pakai masker. Sadar dan peduli. Sehat itu mahal. Siapapun kamu, apapun status kamu, dan di manapun kamu, mari kita saling menjaga dan mengingatkan. Covid-19 masih mengintai. Pakailah masker, cuci tangan dan social distancing,” tutur Elina_Vay.

Baca juga : Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Rasanya...

RNFRedNose mengungkapkan hasil peneli­tian University of Cambridge dan Northwestern University soal masker. Dikatakan, masker kain berlapis ternyata efektif mencegah penyebaran Covid-19.

“Covid-19 membuat kita semua beradaptasi dengan masker. Yang dulunya kayak disekap kain kalo pake masker, sekarang kayak biasa aja. Meski pake masker kain dua lapis + tisu,” ujar hamasfathani_.

GaneshaSundari mengutip pernyataan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, dr. Sonny Harry B Harmadi. “Protokol memakai masker guna mencegah penyebaran virus apapun, terutama virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, sangat penting dilakukan,” katanya.

Baca juga : Yang Positif Covid Banyak Positif Miskin Juga Banyak

“Maskermu melindungiku dan maskerku melindungimu,” ujar yujinieriego. “Yokk bisa yookk, saling jaga satu sama lain. Jangan egois,” tandas warnanyaputih. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.