Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masker Efektif Cegah Droplet Covid-19

Siapapun Kamu, Apapun Status Kamu, Selalu Gunakan Maskermu

Selasa, 26 Januari 2021 05:15 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro. (Foto : Istimewa).
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggunaan masker efektif mencegah penularan Covid-19. Terutama, penye­baran melalui percikan dari mulut (droplet).

Efektivitas penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19 merupakan rekomendasi World Health Organization (WHO). Masker dengan kualitas yang baik, akan melindungi dari micro droplet yang melayang di ruangan sempit berventilasi buruk atau penyebaran terbatas dalam bentuk aerosol (partikel padat yang ada di udara maupun tetesan cair).

“Bukti ilmiah juga semakin mendukung pernyataan tersebut,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, Sabtu (23/1).

Baca juga : Mengenal Donor Darah Plasma Konvalesen, Untuk Sembuh Dari Covid-19

Dia meminta masyarakat tetap mengguna­kan masker dalam setiap aktivitas. Termasuk, ketika dalam kondisi yang tidak bisa dihin­dari. Seperti berada dalam ruangan bersirku­lasi udara buruk dan situasi berhimpitan dan tidak bisa menjaga jarak 1 meter, masker harus dipakai dengan benar.

“Serta saat berada di daerah yang diduga terjadi transmisi sporadis, atau tidak ada transmisi Covid-19 yang terdokumentasi atau kuning dan hijau,” beber dia.

Selain itu, lanjut Reisa, WHO juga menyarankan kewajiban menggunakan masker bagi orang yang lebih berisiko mengalami komplikasi berat. Seperti orang yang berusia lebih dari 60 tahun dan orang yang memiliki kondisi penyerta (komorbid).

Baca juga : Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Rasanya...

“Seperti penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, penyakit paru kronis, kanker, pe­nyakit serebrovaskular, atau imunosupresi,” ungkap Reisa.

Dia mengatakan, jika masker medis tidak tersedia, maka masker kain yang berlapis diperbolehkan untuk digunakan. WHO juga menekankan masyarakat agar mengikuti instruksi memakai, melepas, dan membuang masker medis.

“Juga mengikuti etika bersin dan batuk, dengan menutup dengan siku bagian dalam. Sering membersihkan tangan, dan menjaga jarak fisik minimal satu meter dengan orang lain,” tukas Reisa.

Baca juga : Yang Positif Covid Banyak Positif Miskin Juga Banyak

Netizen pun mengakui efektivitas masker dalam melindungi penggunanya, agar tidak tertular Covid-19. Memakai masker juga diartikan sebagai cara untuk melindungi orang lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.