Dark/Light Mode

Kunker Pertama Kapolri, Jenderal Listyo Sowan Ke PBNU

Kamis, 28 Januari 2021 22:24 WIB
Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo sowan ke Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj, Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (28/1). (Foto: Ist)
Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo sowan ke Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj, Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (28/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo sowan ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (28/1). Ini merupakan kunjungan kerja pertama Jenderal Listyo sebagai Kapolri.

Sowan Kapolri ini katanya dalam rangka silaturahmi untuk menjaga sinergitas dan soliditas yang selama ini sudah terjalin antara Polri dan NU.

Dalam kunjungannya tersebut, Kapolri diterima langsung oleh Ketum PBNU KH. Said Aqil Siradj dan pimpinan PBNU lainnya. "Hari ini, selaku Kapolri baru yang kemarin baru dilantik, mendapatkan kesempatan untuk menghadap ke beliau selaku pimpinan Ketum PBNU. Secara nonformal seperti beliau sampaikan, kami sudah cukup lama kenal. Kalau secara formil  penting bagi kami untuk berkunjung ke salah satu ormas muslim paling besar, tentunya dalam rangka mensinergikan program-program yang akan kami laksanakan ke depan," ungkap Jenderal Listyo yang datang memakai pakaian dinas lengkap.

Baca juga : Menag Optimis, Kapolri Baru Jamin Toleransi dan Ibadah Umat

Dalam kunjungannya, Kapolri didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. Kapolri mengatakan, hubungan Polri dan PBNU sudah berjalan dengan baik selama ini.

Pihaknya berharap dukungan PBNU sebagai salah satu organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia terhadap program-program yang akan dijalankan ke depannya.

"Meningkatkan hubungan sinergi umaro dan ulama di dalam melaksanakan program harkamtibmas. Karena memang ke depan, Polri tidak mungkin bekerja tanpa dukungan partisipasi masyarakat," kata Jenderal Listyo.

Baca juga : Mantan Kasad Jenderal (Purn) Wismoyo Meninggal Dunia

Kapolri menyebut, Kiai Said dan PBNU mendukung Polri dalam menjaga stabilitas masyarakat dan negara. "Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami sangat berterima kasih. Beliau memberikan dukungan penuh kepada Polri untuk bersama-sama melaksanakan seluruh program dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas kita," ujar Kapolri.

Lebih lanjut, Jenderal Listyo mengatakan, sinergitas Polri dengan PBNU juga terjalin dari tingkat Polsek hingga tingkat Mabes Polri untuk memastikan seluruh program Polri bisa berjalan dengan baik dengan dukungan PBNU.

"Kami diberikan akses sampai ke cabang untuk bisa bersinergi. Misal Kapolsek dengan pengurus NU cabang, kemudian Kapolres dengan NU di atasnya. Kemudian Polda dan Kapolri bersinergi dengan PBNU pusat, pak Said Aqil. Itu yang akan kami pelihara dan kembangkan dalam rangka memberikan rasa aman terhadap masyarakat," pungkas Jederal Listyo. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.