Dark/Light Mode

Permintaan Satuan Tugas Penanganan Covid-19

Yuk, Kinerja Dan Anggaran Posko Covid-19 Desa Diawasi

Senin, 8 Februari 2021 06:00 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden).

 Sebelumnya 
“Awasi anggarannya. Jangan digunakan untuk kegiatan atau tugas-tugas yang tidak penting. Apalagi, potensi korupsi dari anggaran tersebut cukup besar,” kata akun Betta heaven. Dia khawatir, anggaran posko Covid-19 di tingkat desa bernasib sama dengan dana Bansos.

Kawalcovid19tmg menyampaikan, penggunaan anggaran posko Covid-19 desa sudah ada arahan dari Pemerintah. Yaitu, prioritas utama anggaran untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. “Menyesuaikan kebutuhan desa masing-masing,” katanya.

Sementara Gotrex53299375 meminta pemerintah mempermudah pencairan anggaran untuk pelaksanaan posko desa. Menurut dia, selama ini pencairan anggaran berkaitan Covid-19 se­lalu telat, sehingga menghambat kinerja petugas. “Satu hal lagi yang harus diawasi adalah keju­juran. Kejujuran adalah kunci efektivitas kinerja posko Covid-19,” sambung GuzWis.

Baca juga : Vaksin Bantu Tubuh Lawan Penyakit

“Mari kita aktifkan kembali posko desa aman Covid-19. Langkah ini merupakan ikhtiar ber­sama untuk mencegah penularan Covid-19,” ujar irham2989571.

Menurut LareTimoer, selama ini di level desa sudah ada Satgas Covid-19. Bahkan, kata dia, khusus di Jawa Tengah ada program jogo tonggo. “Tapi ya tahu sendirilah,” ujarnya.

Alinggabuana_ menyarankan, pemerintah kudu memberikan pemahaman mereka yang terlibat dalam posko Covid-19 tingkat desa. Dengan begitu, semoga program posko desa bisa berjalan maksimal.

Baca juga : Penyintas Covid Bisa Donor Plasma Sampai Empat Kali

Rigoansahadi2 mengaku sebagai pendamping desa. Dia bilang, dirinya yang akan selalu berkoordinasi dengan camat, kepala desa dan seluruh masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Termasuk juga menghidupkan kembali posko relawan Covid-19. “Insya Allah desa akan menjadi garda depan melawan Covid-19,” katanya.

Libet hetiaro menilai, pembentukan posko desa merupakan kebijakan yang tepat. Menurut dia, kapolda dan gubernur butuh dukungan semua pihak dari tingkat desa agar penanganan Covid-19 berjalan efektif.

“Nah gitu dong. Jangan di jalanan besar melulu. Noh di jalanan kampung dan gang banyak yang gak pakai masker,” kata Supri. “Kekompakan dan kejujuran yang utama,” sambung Mariyanto anto.

Baca juga : Patuh Prokes Sudah Terbukti Tekan Laju Penularan Corona

Dara_yuliana menjelaskan, posko Covid-19 juga dapat berperan sebagai pendamping tim pelacak dan fasilitas kesehatan di tingkat desa seperti Puskesmas. Lalina71419004 juga mendu­kung pembentukan posko di tingkat desa. Yaitu, posko yang mendampingi Puskesmas siap siaga.

“Masyarakat diminta mengawasi kinerja pos komando (posko) Covid-19. Semoga di­lancarkan dan cepat berlalu pandemi ini,” kata odcifuentes881. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.