Dark/Light Mode

Hasil Survei LSI Dongkrak Semangat KPK Berantas Korupsi

Senin, 8 Februari 2021 10:41 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei pandangan pelaku usaha dan pemuka opini terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia. Hasilnya, kedua kalangan itu menilai, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih dinilai sebagai lembaga yang paling efektif dalam menghadapi korupsi.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengapresiasi hasil survei itu. "Itu memotivasi kami untuk terus bekerja sebaik mungkin dalam upaya mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi, melalui pelaksanaan tugas pencegahan, koordinasi dan supervisi, monitoring, penyelidikan, sampai pelaksanaan putusan pengadilan," ujar Ali lewat pesan singkat, Senin (8/2).

Baca juga : Survei LSI, KPK Masih Dianggap Lembaga Paling Efektif Berantas Korupsi

Tapi hasil survei LSI itu juga menunjukkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja KPK tidak terlalu tinggi. Menanggapinya, Ali menyatakan, komisinya terbuka menerima masukan itu.

KPK memandang hasil survei sebagai cerminan harapan publik kepada komisi antirasuah dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Meski begitu, Ali mengingatkan, di Tanah Air, bukan cuma KPK yang punya kewenangan dalam pemberantasan korupsi.

Baca juga : Hujan Kilat di Jakarta Diperkirakan Siang dan Dini Hari

Pemberantasan korupsi, disebutnya merupakan tanggung jawab bersama. "Dimulai dari komitmen kuat pimpinan negara dan seluruh jajaran aparat penegak hukum, hingga semua lapisan masyarakat," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.