Dark/Light Mode

Hasil Survei KedaiKOPI Oke, KPK Termotivasi Bekerja Lebih Baik Lagi

Selasa, 26 Januari 2021 13:14 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadikan hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik. Kepercayaan masyarakat merupakan modal besar dalam upaya membebaskan negeri dari praktik korupsi. 

"Hasil survei tersebut sebagai cerminan ekspektasi publik kepada KPK dan ini tentu menjadi motivasi untuk kami terus bekerja sebaik mungkin," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, lewat pesan singkat, Selasa (26/1). 

Baca juga : Longsor Sumedang, Korban Meninggal Bertambah Jadi 25 Orang

Dalam survei mengenai pemberantasan korupsi yang dirilis KedaiKOPI pada Senin (25/1), 85,5 persen responden menilai kinerja KPK sudah baik. Selain itu, dari hasil survei itu, 19,7 persen responden menilai KPK sebagai lembaga paling transparan.

Ali mengatakan, hasil survei ini merupakan cerminan atas harapan masyarakat Indonesia terhadap KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. Upaya memberantas korupsi tidak terlepas dari peran serta masyarakat. 

Baca juga : Presiden Ajak Pegawai Basuki Bekerja Lebih Cepat Lagi

Untuk itu, KPK selalu mendengar setiap masukan maupun kritik dari masyarakat mengenai kerja-kerja pemberantasan korupsi. "KPK selalu terbuka atas masukan dan kritikan dari masyarakat," tuturnya. 

KedaiKOPI menggelar survei pada 4-11 Januari 2020 dengan melibatkan 2.000 responden yang berada di 34 provinsi di Indonesia. Metode survei menggunakan wawancara tatap muka (home visit) dan margin of error plus minus 2,19 persen pada interval kepercayaan 95 persen. 

Baca juga : Hasil Swab Test PCR Negatif, Kevin Siap Kembali Berlatih

Responden menilai kerja KPK baik karena tiga alasan, yaitu banyak koruptor yang ditangkap, kinerja terbukti, serta tegas dan berani melawan korupsi. KPK menjadi lembaga yang dinilai paling transparan dengan skor 19,7. Dari hasil survei ini juga, KPK menempati urutan tiga teratas sebagai lembaga yang dipercaya masyarakat dengan skor rata-rata 6,90. Komisi antirasuah berada di bawah TNI dan Presiden. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.