Dark/Light Mode

Status Gunung Sinabung Siaga, Warga Diminta Waspada

Jumat, 12 Februari 2021 16:58 WIB
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin)
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peningkatan aktivitas vulkanik kembali terjadi di Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) dengan meluncurkan awan panas guguran sejauh satu kilometer pada Jumat (12/2) siang.

Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Putra, luncuran abu awan panas ini terpantau menuju timur dan tenggara dari puncak Gunung Sinabung.

Baca juga : Pos Pantau Sunter Hulu Siaga I, Warga Bantaran Sungai Kudu Ekstra Waspada

"Asap dari kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah," kata Putra dihubungi Jumat (12/2).

"Guguran awan panas ini tercatat dengan amplitudo 38 mm dengan durasi gempa selama 143 detik. Cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat dan barat laut. Suhu udara 16-18 derajat Celcius," tambahnya.

Baca juga : Abu Letusan Gunung Raung Bikin Bandara Banyuwangi Tutup

Saat ini, Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).

Ia meminta warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung dan radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, serta empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Baca juga : Kata Senator, Sandiaga Uno Antusias Diminta Ngantor Di Sumatera

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," katanya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.