Dark/Light Mode

Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Debu Setinggi 500 Meter

Minggu, 17 Januari 2021 22:08 WIB
Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Debu Setinggi 500 Meter

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi pada Minggu (17/1) sekitar pukul 16.50 WIB, menyemburkan debu setinggi lebih kurang 500 meter.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin mengatakan, erupsi Gunung Sinabung di atas puncak mencapai ketinggian lebih kurang 2.960 meter di atas permukaan laut.

Baca juga : Chad Wolf Mundur, Trump Kembali Ditinggal Menterinya

"Erupsi Sinabung ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 44 mm, dan durasi lebih kurang dua menit," kata Natanail kepada Antara, Minggu (17/1). 

Saat ini, Gunung Sinabung berstatus Level III (Siaga). Masyarakat diimbau agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca juga : Gunungapi Sinabung Erupsi Tiga Kali, Tinggi Kolom Abu Capai 1.000 Meter

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Selain itu, masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih, serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Baca juga : Zidane Sanjung Benzema Setinggi Langit

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," pungkas Natanail. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.