Dark/Light Mode

Semoga Laju Corona Bisa Ditekan

Jokowi: PPKM Mikro Tak Hambat Ekonomi Indonesia

Minggu, 14 Februari 2021 05:40 WIB
Presiden Jokowi. (Foto : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi. (Foto : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

 Sebelumnya 
“Jangan sampai yang terkena virus satu orang dalam satu RT, yang di-lockdown seluruh kota. Jangan sampai misalnya yang terkena virus satu kelurahan, yang di-lockdown seluruh kota, untuk apa? Sering kita keliru di sini,” kata Jokowi.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sebelum menerapkan PPKM skala mikro, Pemerintah sudah menerapkan PPKM Jawa-Bali sejak bulan lalu.

Menurut Airlangga, kebijakan PPKM terbukti mampu mem­buat angka positif Covid-19 di Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta turun. Sehingga Presiden meminta agar kebijakan tersebut diterapkan ke skala yang lebih mikro.

Baca juga : Tekan Corona, Jokowi Minta Pemda Terapkan Mikro Lockdown

“Ada keseimbangan gas dan rem dalam pengendalian pan­demi. Di saat yang sama, mampu mendorong perekonomian kita masuk jalur positif. Itu arahan Presiden perlu diterjemahkan untuk kelanjutan dari kegiatan penanganan Covid-19 ke de­pan,” kata Ketua Umum Partai Golkar ini.

Saat ini, lanjut Airlangga, ekonomi Indonesia mulai mengalami pemulihan dari Covid-19. Hal ini tercermin dari beberapa indikator yang mulai bergerak positif. Salah satunya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang membaik dan tercatat berada pada level 96,5 pada Desember 2020, meski belum masuk ke zona optimis.

Selain itu, ada perbaikan kon­disi perekonomian di kuartal IV tahun 2020.

Baca juga : Omongan JK Tak Ada Yang Berani Bantah

“Tentu ini mencerminkan kontribusi yang lebih optimis lagi karena kita tahu 50 persen dari perekonomian kita basisnya adalah konsumsi,” katanya.

Melihat dari hasil positif tersebut, eks anggota DPR ini juga optimis tahun 2021 kon­disi ekonomi akan semakin membaik

Dia memprediksi, dalam tiga bulan pertama tahun 2021, per­tumbuhan ekonomi akan berada di kisaran 1,6 persen hingga 2,1 persen year on year (yoy).

Baca juga : Mendagri Terbitkan Instruksi Soal PPKM Mikro, Begini Isinya

“Kami juga akan terus men­dorong pertumbuhan belanja Pemerintah, selain mendorong konsumsi rumah tangga. Pe­merintah juga akan mendorong investasi dan ekspor, dan menye­lesaikan problem yang selama ini menghambat kinerjanya,” tegas Airlangga. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.