Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Melayat Ke Rumah Relawan

Jokowi Bukan Kacang Yang Lupa Sama Kulit

Sabtu, 20 Februari 2021 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo melayat ke kediaman almarhum Viktor Sirait, Ketua Umum BaraJP di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/2) sore. (Foto: Twitter @FadjroeL)
Presiden Joko Widodo melayat ke kediaman almarhum Viktor Sirait, Ketua Umum BaraJP di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/2) sore. (Foto: Twitter @FadjroeL)

 Sebelumnya 
Tatapannya penuh duka, saat melihat Viktor yang terbaring tak bernyawa di peti mati. Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga tak lupa memberikan doa terbaik untuk salah seorang relawannya.

Keluar dari rumah duka, warga pun memanggil-manggil namanya. “Pak Jokowi, Pak Jokowi. Terima kasih bapak. NKRI, harga mati. Horas, horas,” teriak warga kepada Jokowi yang saat itu sedang mengenakan sepatunya sambil duduk di bangku yang sudah disiapkan protokoler kepresidenan.

Baca juga : KPK Apresiasi Rencana Jokowi "Museumkan" Barang Gratifikasi Rp 8,7 Miliar

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman ikut membagikan suasana Jokowi saat melayat Victor Sirait lewat akun Twitternya, @fadjroel. “Kami mengenang semua kebaikan dan perjuanganmu. Requiescat In Pace,” cuit Fadjroel sambil menyertakan foto Jokowi saat sedang melayat.

Siapa sebenarnya Viktor Sirait sampai Jokowi bela-belain hadir di tengah kesibukannya sebagai kepala negara? Bara JP yang dipimpin Viktor merupakan salah satu relawan yang sudah berjuang untuk Jokowi sejak Pilpres 2014. Awalnya, Bara JP merupakan akronim dari Barisan Relawan Jokowi for Presiden. Namun, paska disahkannya Perppu Ormas Nomor 2 Tahun 2017, kepanjangan Bara JP kemudian diubah menjadi Barisan Relawan Jalan Perubahan. Namun, tetap menjadi relawan Jokowi di Pilpres 2019.

Baca juga : Pengamat: Kunjungan Jokowi Ke Pacitan Tak Ada Hubungannya Dengan Isu Kudeta Demokrat

Selain sebagai relawan, Viktor merupakan Komisaris Independen di BUMN Karya, sejak April 2015.

Di dunia maya, para ntizen pun kagum dengan sikap Jokowi yang tidak lupa dengan hasil jerih payah orang-orang di sekitarnya. Ibarat peribahasa, Jokowi bukan kacang yang lupa sama kulitnya. “Pak Jokowi tetap ada adabnya, rendah hati, menghormati, dan menghargai apa yang sudah dilakukan relawannya. Hebat,” cuit @sylviawoskan. “Pak Jokowi selalu mengingat yang ikut memperjuangkannya. Teringat Pak Marzuki Alie nich jadinya,” ungkap @amalpribadi2.

Baca juga : Bedah 4.500 Rumah Di Jambi, Kementerian PUPR Siapkan Bantuan Rp 90 Miliar

“Salut kepada presiden, walaupun sibuk dengan tugas negara, tapi tetap menyempatkan datang dan memberikan doa kepada relawannya,” aku @kianinara1. “Ya ampun, sampe copot sepatu. My President is a very humble person. Salut,” kata @Chaterinee_08. “Sangat merakyat,” timpal @mike04_igiT.

Pegiat media sosial seperti Denny Siregar pun ikut bersedih. “Selama jalan Bang Viktor Sirait. Ketua Umum @BaraJP. Terima kasih sudah mengawal Pak @jokowi selama ini. Maaf, aku belum sempat ketemu lagi sekadar seruput kopi dan bincang-bincang bagaimana indahnya negeri ini,” utasnya melalui akun @Dennysiregar7. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.