Dark/Light Mode

Desk Relawan Pastikan Relawan Gempa Sulbar Aman Covid-19

Kamis, 21 Januari 2021 22:34 WIB
Seorang relawan melakukan rapid test sebagai persyaratan untuk turun ke lapangan membantu warga yang terdampak gempa di Sulbar. (Foto: Tasril Mulyadi)
Seorang relawan melakukan rapid test sebagai persyaratan untuk turun ke lapangan membantu warga yang terdampak gempa di Sulbar. (Foto: Tasril Mulyadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desk relawan memberikan pelayanan rapid test antigen kepada relawan sebelum turun ke lapangan. Mereka yang melakukan rapid test antigen, tidak dikenai biaya.

Hal tersebut tampak saat Baznas bertugas di tenda Desk Relawan pada  Kamis (21/1).

BNPB mensyaratkan para relawan untuk menjalani rapid test antigen, sebelum membantu warga terdampak gempa Sulawesi Barat.

Berita Terkait : Bertambah Jadi 91 Orang, Korban Meninggal Gempa Sulbar

Langkah ini bertujuan untuk menjamin keamanan dan keselamatan di antara para relawan, dan warga korban gempa yang dibantu.

BNPB bekerja sama dengan beberapa organisasi (suka) relawan untuk menyediakan tenaga medis, sedangkan BNPB menyiapkan antigen dalam pengetesan cepat. Oleh karena itu, BNPB meminta relawan yang ingin terlibat dalam penanganan darurat untuk rapid test antigen terlebih dahulu.

Di samping itu, BNPB berharap relawan dari berbagai organsisasi untuk mendaftar diri ke Desk Relawan yang telah aktif sejak hari kedua pascagempa.

Berita Terkait : Nyawa Tak Sepadan Dengan Kebosanan

Hari ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyediakan tenaga medis yang melayani 100 orang. Pelayanan buka pada pukul 15.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Sementara itu, BNPB juga membantu dalam penyediaan antigen yang digunakan untuk proses pengetesan cepat.

“BNPB menyiapkan 1.600 swab antigen sebagai bentuk dukungan kepada para relawan penanganan bencana guna memastikan kita semua bekerja dengan tenang dan aman,” kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan dalam pertemuan koordinasi relawan, Kamis (21/1).
 Selanjutnya