Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Injakkan Kaki Di Reruntuhan Gempa

Jokowi Tak Hanya Kasih Janji Surga

Rabu, 20 Januari 2021 07:26 WIB
Ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri), Presiden Jokowi berbincang-bincang dengan korban terdampak gempa, di Mamuju, Sulawesi Barat, kemarin. (Foto: Biro Pers)
Ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri), Presiden Jokowi berbincang-bincang dengan korban terdampak gempa, di Mamuju, Sulawesi Barat, kemarin. (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keinginan para korban gempa di Sulawesi Barat bisa dikunjungi Presiden Jokowi, terkabul. Tak sekadar datang, Jokowi juga membawa kabar bahagia bagi para korban gempa. Selain kasih sembako, Jokowi akan membantu biaya pembangunan rumah yang rusak. Ini bukan sekadar janji surga, tapi ini konkret.

Kemarin, hari kedua Jokowi berkunjung langsung ke daerah bencana. Senin (18/1), Jokowi terbang ke Kalimantan Selatan, mengecek langsung wilayah yang terdampak banjir. Kemarin, giliran Sulawesi Barat yang dikunjungi Jokowi.

Terbang ke Sulbar, Jokowi berangkat lebih pagi, dibanding saat mengunjungi Kalsel. Sekitar pukul setengah 8 pagi WIB, Jokowi bersama rombongan sudah lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ia memasuki pesawat kepresidenan Indonesia-1 dengan menenteng jaket hitam dengan tangan kirinya.

Baca juga : Nyawa Tak Sepadan Dengan Kebosanan

Sekitar jam setengah 11 WITA, Jokowi sudah mendarat di Bandar Udara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju. Titik lokasi gempa yang pertama dikunjungi Jokowi adalah Kantor Gubernur.

Sekitar pukul 12, Jokowi tiba. Tepat di depan Kantor Gubernur yang kondisinya ambruk diguncang gempa berkekuatan 6,2 magnitudo, Jumat (15/1) lalu. Ia datang menggunakan mobil kepresidenan jenis sedan. Berbeda ketika ke Kalsel, menggunakan mobil jenis SUV.

Tiba di lokasi, Jokowi disambut Gubernur Sulbar, Andi Ali Baal Masdar. Mereka lalu bercakap-cakap. Tidak lama, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ikut nimbrung bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo dan Sekretaris Daerah Sulbar, Muhammad Idris. Mereka terlihat berdiskusi serius di belakang alat berat yang tengah bekerja mengangkat puing-puing reruntuhan.

Baca juga : Demokrat Tolak Wacana Pilkada Dan Pemilu Serentak

Ada sekitar 20 menit Jokowi di sana. Lalu, ia dan rombongan bergeser ke lokasi pengungsian di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju. Di lokasi ini, Jokowi menyapa pengungsi dan membagikan sejumlah bingkisan yang berisi makanan.

Dalam kesempatan itu, setidaknya ada 2 janji Jokowi yang disampaikan. Pertama, akan membangun kembali gedung-gedung pemerintah yang roboh. Kedua, akan membantu rumah masyarakat yang ambruk. Namun dengan kriteria tertentu.

“Untuk rusak berat Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta, dan rusak ringan Rp 10 juta,” ucap Jokowi.

Baca juga : Takut Gempa Susulan, Masjid Jadi Tempat Merawat Pasien Corona Di Sulbar

Tidak jauh dari posko pengungsian, Jokowi menginjakkan kakinya di atas reruntuhan perumahan warga yang roboh diguncang gempa. 

Kondisinya rusak berat. Jokowi juga sempat bercakap-cakap dengan salah satu pemilik rumah yang roboh itu.

Sebetulnya, ada 2 daerah terparah terdampak gempa di Sulbar. Di Mamuju, dan Majene. Sesuai rencana, Jokowi ingin berkunjung ke dua daerah tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.