Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

2 Bulan Operasi Karhutla, Polda Riau Tahan 5 Tersangka

Minggu, 28 Februari 2021 14:06 WIB
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi (Foto: Istimewa)
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polda Riau mengintensifkan operasi. Hasilnya, sepanjang operasi Karhutla pada Januari hingga kemarin, Polda Riau menetapkan lima orang tersangka. 

"Sudah ada lima orang tersangka. Semua sudah kami tahan. Kelimanya ditetapkan tersangka berdasarkan penindakan pada kurun Januari 2021 hingga hari ini," ujar Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, kepada RM.id, Minggu (28/2). 

Baca juga : Jokowi Ingatkan Daerah Sigap Antisipasi Karhutla, Jangan Tunggu Api Besar

Apakah para tersangka tersebut merupakan tersangka perorangan atau korporasi? Mantan Direktur II Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse dan Kriminal (Dir II Tipideksus Bareskrim) Polri tersebut belum bersedia menjabarkan. Dia hanya menegaskan, proses penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan lingkungan ini dilakukan secara proporsional. Terlebih, selama ini, kawasan Riau terkenal sangat rentan dengan preseden Karhutla. 

Menurutnya, operasi Karhutla menjadi prioritas mengingat peningkatan temuan hotspot atau titik panas di sejumlah kawasan. Berdasarkan identifikasi timnya, sampai hari ini, terdapat 103 hotspot. Dari jumlah itu, 102 hotspot masuk kategori sedang. Satu hotspot masuk kategori tinggi. 

Baca juga : MK Kabulkan Penarikan Perkara Pilkada Bandar Lampung

Agung menambahkan, Kepolisian mengidentifikasi 91 titik api kebakaran di enam kabupaten/kota di Riau. Rinciannya, lima termonitor di Kabupaten Rokan Hilir, satu di Kota Dumai, 10 di Kabupaten Pelalawan, 46 di Kabupaten Indragiri Hilir, tiga di Kabupaten Bengkalis, dan 26 di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Untuk mengantisipasi meluasnya titik api, Polda Riau bersama TNI, Dinas Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan masyarakat melakukan upaya pemadaman. Di luar itu, jajarannya juga intensif menggencarkan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam menyosialisasikan pencegahan maupun meluasnya Karhutla. [GPG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.