Dark/Light Mode

Survei Capres

Puan Tak Layak Diremehin

Selasa, 2 Maret 2021 06:20 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ANTARA)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di bursa capres, Puan Maharani tak layak diremehkan. Hasil survei Capres yang digelar Citra Opini Polling Study (COPS) menempatkan Ketua DPR itu pada posisi teratas. Dia mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

COPS menggelar survei terhadap tokoh-tokoh muda yang merupakan elite petinggi partai politik dan aktivis untuk jadi pemimpin 2024. Survei yang digelar 12-20 Februari 2021 itu, dilakukan dengan cara wawancara melalui telepon. Jumlah respondennya sebanyak 1.300 orang dan sudah memiliki hak pilih pada 2024.

Namun, hanya 1.225 responden yang bisa diambil datanya dan terverifikasi kembali. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen.

Baca juga : Smart Cam Dengan Pan Tilt Zoom, Makin Banyak Dicari Di Indonesia

Hasilnya, Puan menempati posisi tertinggi dengan persentase 13,2 persen. Kemudian, ditempel Ganjar dengan 8,2 persen dan diikuti Anies dengan 8,1 persen.

Posisi keempat ada politisi PDIP Budiman Sudjatmiko dengan 7,2 persen. Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di posisi kelima dengan 6,2 persen.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati posisi keenam dengan tingkat keterpilihan 5,5 persen. Di bawahnya ada Ketum PKB Muhaimin Iskandar 5,3 persen, Erick Thohir 5,2 persen, Sandiaga Uno 5,2 persen, dan kesepuluh ada Agus Jabo Priyono dengan 4,1 persen.

Baca juga : Hasil Survei Menurun, Golkar Terus Ikhtiar Perbaiki Diri

Nama tokoh muda selanjutnya ada aktivis Natalius Pigai dengan tingkat keterpilihan 3, 2 persen, Nadiem Makarim 2,7 persen, Gibran Rakabuming 2,7 persen, Giring Ganesha 2,4 persen, Grace Natalie 2,3 persen, Fadli Zon 2,3 persen, dan Fahri Hamzah dengan 2,1 persen.

Politisi PDIP Sonny T. Danaparamita menilai, tingginya elektabilitas Puan sebagai Capres 2024 bukan sesuatu yang aneh. Dia yakin, elektabilitas Puan akan terus naik. Apalagi 2024 masih lama.

“Mbak Puan bukan politisi karbitan. Sejak kecil dia terbiasa dengan sentuhan masyarakat,” katanya, kepada Rakyat Merdeka, Senin (1/3).

Baca juga : Prabowo Semakin Sulit Diajak Pensiun Di 2024

Apalagi, Puan memiliki modal politik yang kuat sebagai Capres. Selain partainya yang besar, Puan juga memiliki segudang prestasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.