Dark/Light Mode

Peringati International Women’s Day

Kowani: Perempuan Indonesia Siap Masuki Era 5.0

Minggu, 7 Maret 2021 19:02 WIB
Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)
Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day/IWD) yang diperingati setiap 8 Maret di seluruh dunia, menjadi momentum penting bagi perempuan Indonesia.

Dengan mengusung tema Choose To Challenge, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyambut baik IWD tahun ini. Sebagai sebuah wadah federasi beranggotakan hampir 100 organisasi wanita di Indonesia, Kowani secara konsisten terus mengupayakan kesetaraan gender. 

Baca juga : Matangkan SEA Games 2021, Pemain Timnas Indonesia Jalani Internal Game

Selain itu, Kowani terus mendorong perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa untuk dapat berperan aktif. Baik di ruang domestik sebagai guru utama bagi generasi penerus bangsa, juga di ruang publik guna eksis dan mampu berkarya bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

"Perempuan Indonesia haruslah menjadi oribadi yang merdeka melaksanakan dharma," kata Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo, Minggu (7/3).

Baca juga : Menteri Siti Minta Sampah Dijadikan Bahan Baku Ekonomi Di Masa Pandemi

Giwo menjelaskan, Kowani melalui berbagai kesempatan secara aktif mendorong perempuan Indonesia untuk maju dan berkarya dalam berbagai bidang. "Saat ini, dunia telah memasuki era 5.0. Perempuan Indonesia pun harus siap menjawab tantangan zaman dalam masyarakat 5.0," ujar Giwo.

Menurut Giwo, meski tantangan masih dihadapi oleh perempuan Indonesia, baik diskriminasi maupun tindak kekerasan, namun jangan menyurutkan spirit kaum perempuan untuk maju dan bangkit menghadapi tantangan kemajuan teknologi yang demikian pesat.

Baca juga : Pertamina Kelar Bangun 12 Terminal BBM Di Indonesia Timur

"Hari Perempuan Internasional menjadi saat dimana kita melakukan refleksi serta meneguhkan harapan bagi perempuan Indonesia untuk bergerak maju. Saatnya perempuan Indonesia menunjukkan kemampuan dan jati dirinya sebagai Ibu Bangsa yang produktif, inovatif, kreatif dan inklusif," tukas Giwo. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.