Dark/Light Mode

Ibu Negara Ngelap Keringat Anak-anak

Minggu, 7 April 2019 06:46 WIB
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Foto: Istimewa)
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bukan cuma gaya Jokowi yang menarik perhatian saat musim kampanye sekarang ini. Ibu Negara Iriana juga sama. Kemarin, video Ibu Iriana mengelap keringat dan air hujan yang membasahi anak-anak saat kampanye, viral di medsos. Banyak yang menyebut Ibu Iriana seperti ibu kita semua.

Ada dua video yang viral. Yang pertama berdurasi 47 detik. Terlihat Jokowi sedang di atas panggung menghadap ribuan pendukungnya di Stadion Dukuh Salam, Slawi, Tegal, Kamis (04/04).

Saat itu hujan turun lumayan deras. Jokowi yang memakai kemeja dan topi putih, mengundang dua pendukungnya naik ke panggung. Satu laki-laki setengah baya, satunya lagi ibu-ibu bersama seorang anak perempuan berumur sekitar lima tahunan.

Baca juga : Ngeri, Tiap Hari 30 Orang Mati

Sang ibu ini menggendong anaknya di bawah hujan deras saat berbincang dengan Jokowi di atas panggung. Melihat kejadian ini, salah satu pengaman, bisa jadi Paspampres, diminta Iriana membawa sang anak ke belakang. Iriana saat itu berada di bagian belakang panggung yang aman dari hujan.

Setelah anak itu digendong dan dibawa ke belakang, Iriana langsung mengambil alih sang anak dari Paspampres. Iriana yang memakai kaus putih, bertopi dan syal merah, mengambil kursi dan mendudukkan anak ini. Iriana, sembari berdiri mengelap sang anak ini dengan handuk putih. Ia mengelap air hujan ke sekujur tubuh si anak dengan penuh rasa sayang dan berusaha menghangatkan si bocah perempuan ini. Menko PMK Puan Maharani tampak mengabadikan momen haru bin trenyuh ini dengan smartphone-nya.

Serupa, dalam video kedua berdurasi kurang dari semenit, Iriana yang tengah mendampingi Jokowi kampanye di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Jumat (05/04) juga melakukan hal yang sama. Kali ini cuacanya berbeda jauh. Panas dan sangat terik.

Baca juga : 17 Ribu Pegawai Non PNS ATR Dapat Asuransi

Saat menuju panggung di lapangan Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Iriana melihat anak-anak yang berada di lapangan kepanasan. Anak-anak ini dibawa oleh ibu-ibu pendukung Jokowi. Melihat itu, Iriana langsung menghampiri dan mengangkat bocah laki-laki yang nampak kepanasan. Bocah ini langsung digendong kemudian dibawa ke belakang panggung. Tak cuman sekali, Iriana juga mengangkat seorang bocah lagi ke panggung. Masih dengan pakaian yang sama, berbaju putih dan bertopi merah, Iriana dengan sangat keibuan mengelap keringat bocah-bocah ini.

Saat itu juga, suaminya, Jokowi meminta massa pendukung tidak mengajak anak-anak dalam kampanye. Anak-anak yang berada di lokasi kampanye, kemudian dibawa ke belakang panggung dan tidak ikut kampanye bersama ribuan pendukung jokowi di lapangan yang sangat terik saat itu.

Netizen memuji aksi Iriana ini. Akun @taro_willson menilai Iriana seperti ibu kita semua. "Ibu Iriana. Ibu Kita Semua," tulisnya menautkan video Iriana serupa dengan @masinusina. "Ibu Negara kita ini memang kayak ibu kita sendiri banget," cuitnya membubuhkan simbol love.

Baca juga : Pengacara : Jokdri Tidak Terlibat Pengaturan Skor

Sementara, warganet pemilik akun @herik3rn yakin sang anak dan ibunya yang dibawa Iriana akan teringat terus kepada Iriana. "Saya yakin anak ini juga orang tuanya akan selalu teringat sama Ibu Iriana Jokowi yang tulus dan penuh perhatian. Bukan basa-basi dan bukan sandiwara seperti capres sebelah." Akun @mochamadarip memuji sembari menyindir.

"Oh so sweet. Seorang Ibu Negara memberikan handuk untuk menghangatkan seorang anak perempuan yang basah karena kehujanan. Sssst jangan berisik, kalau sampai ketauan HNW, ntar dilaporkan ke Bawaslu," sindirnya disambut tweeps @SaptonoRagil yang trenyuh dengan sikap Iriana. "Aku nganti meh nangis lihat ini." [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.