Dark/Light Mode

Ulang Tahun Ke-78

Ma`ruf Didoain Lebih Gesit

Jumat, 12 Maret 2021 07:25 WIB
Wapres KH Maruf Amin saat menggelar selamatan ulang tahun ke-78 di rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (11/3). (Foto: Instagram KH Maruf Amin)
Wapres KH Maruf Amin saat menggelar selamatan ulang tahun ke-78 di rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (11/3). (Foto: Instagram KH Maruf Amin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wapres KH Ma’ruf Amin genap berusia 78 tahun, kemarin. Ma’ruf pun banjir ucapan selamat dan doa. Eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini didoakan lebih gesit lagi.

Dalam rangka memperingati hari kelahirannya, Ma’ruf menggelar selamatan sederhana di rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Acara ini hanya dihadiri keluarga besarnya. Di rumah mewah itu, istri, anak, mantu, hingga cucu Ma’ruf berkumpul di ruang tengah. Mereka lesehan di atas karpet.

Baca juga : Ini Alasan Tahun Baru Imlek Dirayakan Di Indonesia

Raut wajah bahagia terpancar dari mereka. ada yang bercanda, bercengkrama, dan berbagi pengalaman. Meski begitu, protokol kesehatan tetap diberlakukan.

Suasana mendadak hening, ketika Ma’ruf memberi wejangan. Namanya juga kiai, pesan-pesannya tidak jauh dari Al-Quran dan Hadist. “Hidup itu bukan soal panjang atau pendeknya umur. Yang terpenting, berkah atau tidak. ada umur panjang, tapi nggak berkah, ya nggak berguna. Ada yang tidak panjang, karena berkah, jadi bermanfaat bagi manusia,” ujar Ma’ruf.

Baca juga : Angkasa Pura I Siapkan Strategi Pendongkrak Bisnis

Lalu, Ma’ruf mencontohkan dua ulama besar yang karya-karyanya banyak menjadi rujukan; Imam Nawawi dan Imam Ghazali.

Kedua ulama abad pertengahan ini memang tidak memiliki umur panjang, hanya sekitar 50-an tahun, masih di bawah umur nabi Muhammad yang mencapai 63 tahun. Namun, keduanya sangat bermanfaat bagi umat Islam.

Baca juga : Mega Banjir Ucapan (Pujian Dan Kritikan)

Ma’ruf juga mengutip sebuah hadist yang diriwayatkan At Tirmidzi tentang seorang yang bertanya kepada nabi Muhammad SAW tentang orang baik. “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang terbaik? Jawabannya: man thola umruhu wa khasuna amaluhu, artinya: orang yang panjang umurnya dan baik amalnya,” beber eks Rais Aam PBNU ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.