Dark/Light Mode

Terima 38 Unit GeNose C19 Dari UGM, Ganjar: Operator Akan Segera Dilatih

Sabtu, 20 Maret 2021 11:45 WIB
Penyerahan GeNose C19 oleh Rektor UGM Panut Mulyono (kanan).kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur (Puri Gedeh), Jumat (19/3). (Foto: Pemprov Jateng)
Penyerahan GeNose C19 oleh Rektor UGM Panut Mulyono (kanan).kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur (Puri Gedeh), Jumat (19/3). (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 38 unit GeNose C19 diserahkan Rektor Universitas Gajah Mada Prof Panut Mulyono kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung di Rumah Dinas Gubernur (Puri Gedeh), Jumat (19/3) pukul 18.45 WIB.

Peralatan untuk mendeteksi Covid-19 tersebut untuk melengkapi dua unit GeNose yang sudah diterima untuk pesanan Pemprov Jateng beberapa waktu lalu. Pada acara tersebut, sekaligus juga diserahkan 3.800 kantong napas.

“Luar biasa ini 38 (unit) GeNose C19 sudah datang, diantarkan sendiri oleh Pak Rektor, Pak Wakil Rektor dan tim (GeNose C19) ikut mengantar sendiri,” ujar Gubernur Ganjar saat menerima GeNose C19 sembari ngevlog.

Baca juga : Terima GeNose, Kemenko Polhukam Harap Penyebaran Corona Bisa Diatasi

Ganjar mengatakan, dari total kurang lebih 40 unit GeNose C19 yang sudah diterima Jawa Tengah, pihaknya takkan langsung mendistribusikan. Langkah awal, kata Ganjar, adalah melatih operator dari GeNose C19. “Nanti tahap pertama kita akan melakukan pelatihan dulu pada kawan-kawan untuk menggunakan, meskipun saya tahu tidak terlalu sulit itu. Hanya di-install saja,” ucap Ganjar.

Ganjar mengatakan langkah selanjutnya adalah menghitung titik pendistribusian, dengan menilai tingkat kedaruratan atau kepentingan dari penggunaan GeNose C19 itu sendiri.

“Umpama kalau kita ada rapat, ada pertemuan cukup ramai, ada tamu yang cukup ramai, maka ini bisa dimanfaatkan. Atau pada daerah-daerah. Umpama ini agak emergency di daerah tertentu, ada daerah yang membutuhkan tracing yang cepat, ini bisa kita gerakkan. Karena kan bisa mobile dengan cepat, nanti biar Pak Kadinkes yang mengatur,” tegasnya.

Baca juga : Menristek: GeNose Dapat Jadi Game Changer Kebangkitan Sektor Pariwisata

Ganjar berharap UGM dengan pihak yang memproduksi bisa melakukan percepatan. Sehingga, jika produksi bisa lebih cepat maka pihaknya dapat menambah pesanan unit GeNose C19.

“Kita  keep dulu karena produksinya juga masih sangat terbatas. Tadi pak rektor juga menyampaikan lagi on going kerja samanya, agar bisa dilakukan percepatan produksi. Maka kalau nanti memungkinkan, produksinya bisa cepat, kita bisa lebih mudah, kita akan tambah. Sehingga skrining kita akan lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UGM Prof Panut Mulyono didampingi Wakil Rektor Paripurna Poerwoko Sugarda serta tim GeNose C19 berharap, dengan kehadiran 38 Unit GeNose C19 bisa mendukung Pemprov Jateng dalam percepatan penanganan Covid-19. “Semoga ini bermanfaat Pak, dan semoga bisa digunakan sebaik-baiknya,”ungkap Panut pada Ganjar. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.