Dark/Light Mode

Diguncang Gempa M6,9, Warga Mataram Rasakan Getaran Lemah

Jumat, 21 Agustus 2020 16:17 WIB
Ilustrasi terjadi gempa di Laut Banda Mataram
Ilustrasi terjadi gempa di Laut Banda Mataram

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, NTB, melaporkan warganya merasakan getaran lemah saat gempa M6,9 terjadi di sekitar Laut Banda, hari ini Jumat (21/8) pagi, pukul 11.09 WIB. 

Warga NTB merasakan gempa selama 1 hingga 2 detik.  BPBD Kota Mataram mencatat, sejauh ini tidak ada laporan terkait dampak dari gempa. 

Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Kota Mataram, Andi mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, perangkat desa dan instansi lainnya. 

Sedangkan BPBD Kabupaten Sumbawa di NTB, warga merasakan getaran lemah dan tidak panik saat gempa terjadi. Dan tidak ada laporan dampak dari kecamatan dan desa. 

Baca juga : Gempa M6,9 Guncang Larantuka, NTT

BPBD Kabupaten Flores Timur, Lenny juga menginformasikan sejauh ini tidak ada laporan dampak dari gempat tersebut. 

Warga Larantuka, Flores Timur, NTT tidak merasakan getaran saat gempa terjadi.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa bumi pada Jumat (21/8), pukul 11.09 WIB di wilayah Laut Banda. 

Gempa tektonik dengan magnitudo M6,9 berlokasi di laut pada jarak 165 km tenggara Buton, Selatan Sulawesi Tenggara pada kedalaman 586 km. 

Baca juga : PLN Pastikan Kelistrikan Bengkulu Kembali Normal

BMKG menginformasikan berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. 

Gempa bumi tersebut disebabkan adanya deformasi atau penyesaran pada lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Banda. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (Normal Fault)," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, seperti dilansir situs BNPB.go,id ,Jumat (21/8). 

Ia menambahkan hingga pukul 11.50 WIB terjadi satu aktivitas gempa susulan. Gempa susulan atau aftershock tersebut berkekuatan M5,0.

Baca juga : Pasukan Israel Tembak Mati Warga Palestina di Yerusalem

BMKG menganalisis bahwa guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Waingapu dan Wakatobi III-IV MMI, Mataram, Sumbawa Besar III MMI, Kota Bima, Ende, Ruteng, Kairatu, Banda II-III MMI, Tambolaka, Kendari, Kupang, Ternate dan Alor II MMI. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.