Dark/Light Mode

Prof Muchtar Pakpahan Tutup Usia

Sampaikan Duka, Yasonna Kenang Kuliah Hingga Kos Bersama Muchtar

Senin, 22 Maret 2021 15:34 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Prof  Yasonna Laoly (ketiga kanan) saat mendatangi rumah duka RSPAD. [Foto: Istimewa]
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Prof Yasonna Laoly (ketiga kanan) saat mendatangi rumah duka RSPAD. [Foto: Istimewa]

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Prof Yasonna Laoly menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Prof Muchtar Pakpahan, tokoh pergerakan buruh, yang juga dosen di sejumlah universitas di Tanah Air, sekaligus sahabat dekatnya.

"Baru saja saya melayat ke Rumah Duka RSPAD. Saya sedih melihat teman seperjuangan saya sudah terbujur kaku," kata dia di Jakarta, Senin (22/3/2021).

Baca juga : Muchtar Pakpahan Wafat, Presiden KSPSI: Selamat Jalan Pejuang Buruh Indonesia

Bagi Yasonna, Muchtar tak hanya sebagai teman yang dikenal sejak duduk di bangku kuliah. Namun, hubungan keduanya terbilang cukup erat, karena pernah tinggal satu kos sewaktu kuliah.

Bahkan, keduanya diketahui pernah membentuk lembaga bantuan hukum Universitas HKBP Nommensen dan bersama-sama pula membuka Kantor Hukum Partisipatio. "Tak terasa, air mata saya menetes mengenang masa lalu yang kami alami bersama," ujar dia.

Baca juga : Tokoh Gerakan Buruh, Prof Muchtar Pakpahan Tutup Usia

Prof Muchtar Pakpahan meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Semanggi pada Minggu (21/3/2021) malam. Ia adalah tokoh buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia.

Yasonna diketahui bersahabat dengan Muchtar sejak menimba ilmu di Universitas Sumatera Utara dan sama-sama menjadi dosen di Fakultas Hukum kampus tersebut.

Baca juga : Meriahkan Weekend, Garuda Hadirkan Diskon Tiket Hingga 60 Persen

"Selamat jalan Bung Muchtar. Semoga api semangatmu memperjuangkan nasib buruh tetap menyala di kalangan generasi muda. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa pulih dari duka ini," kata Menkumham. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.