Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muchtar Pakpahan Wafat, Presiden KSPSI: Selamat Jalan Pejuang Buruh Indonesia

Senin, 22 Maret 2021 14:18 WIB
Tokoh buruh Muchtar Pakpahan. (Foto: Ist)
Tokoh buruh Muchtar Pakpahan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menyampaikan duka cita atas meninggalnya tokoh buruh Muchtar Pakpahan.

"Saya menyampaikan duka mendalam atas wafatnya senior tokoh buruh," katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/3).

Andi Gani mengaku mengenal baik pribadi Muchtar Pakpahan sejak tahun 90-an saat mendampingi ayahnya Jacob Nuwa Wea. Menurutnya, sosok Muchtar Pakpahan seringkali berbeda pandangan dengan ayahnya.

Baca juga : Partai Ummat Pasang Badan Buat Amien Rais

Namun, persahabatan keduanya tetap terjaga dan saling menghargai. "Saat ayah saya diangkat menjadi Menaker pun Bang Muchtar tetap menjadi teman diskusi dalam membahas masalah perburuhan," kenangnya.

Apalagi, kata Andi Gani yang juga pimpinan ASEAN Trade Union Council ini memimpin organisasi besar buruh KSPSI, Muchtar Pakpahan tidak pernah membedakan senior maupun junior.

"Teringat juga di tahun 2012 saat saya, Said Iqbal dan Mudhofir mengambil keputusan untuk melakukan mogok nasional di seluruh Indonesia, Bang Muchtar banyak memberikan saran dan masukan kepada kami juniornya," ujarnya.

Baca juga : Mahfud: Tak Ada Wacana Pemerintah Soal Presiden Jabat 3 Periode

Selain itu, kata Andi Gani, masih teringat harapan Muchtar Pakpahan kepada penerus perjuangan buruh Indonesia, suatu saat buruh harus memiliki gerbong politik yang Kuat dalam membela hak-hak buruh Indonesia.

"Selamat jalan pejuang buruh Indonesia. Semoga Tuhan memberikan tempat terbaik," ucapnya.

Muchtar meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta, Minggu (21/3), sekitar pukul 22.30 WIB. Ia meninggal karena menderita kanker.

Baca juga : Kuasai Putaran 2, Qarrar Ali Sabet Juara Eshark Rok Cup Indonesia 2021

Untuk diketahui, Muchtar Pakpahan merupakan Ketua Umum SBSI periode 2018-2022. Merujuk situs resmi SBSI, Muchtar lahir di Bah Jambi II, Tanah Jawa, Simalungun, Sumatera Utara pada 21 Desember 1953. Dia merupakan tokoh yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia. Muchtar mendirikan SBSI pada saat rezim Orde Baru hanya mengizinkan satu serikat buruh, yakni SPSI.

Dia pernah menjabat sebagai anggota Governing Body ILO mewakili Asia dan Vice President World Confederation of Labor, ILO. Pada 2003, dia meninggalkan serikat buruh dan mendirikan Partai Buruh Sosial Demokrat. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.