Dark/Light Mode

RT LAMP Percepat

Testing Virus Corona

Jumat, 26 Maret 2021 06:24 WIB
Alat deteksi Covid-19 dengan air liur yaitu Saliva RT-LAMP Covid-19. (Foto : Istimewa)
Alat deteksi Covid-19 dengan air liur yaitu Saliva RT-LAMP Covid-19. (Foto : Istimewa)

 Sebelumnya 
RT LAMP, disebut Bambang, memiliki sensitivitas hingga 94 persen dan spesifisitas mencapai 98 persen, setara dengan RT PCR.

“Artinya, posisi RT LAMP ini sebagai pelengkap dari adanya RT PCR,” tutur Bambang.

Apalagi harga pengetesan RT LAMP, menurut Bambang, bisa lebih murah dibandingkan RT PCR. “Kira-kira harganya separuh dari harganya pemeriksaan RT PCR,” bebernya.

Baca juga : Pemerintah Daerah Gercep Dong

Persisnya, alat tes ini dihargai Rp 488 ribu per paket. Untuk harga awal, Kalbe membanderol harga khusus Rp 400 ribu per paket hingga 31 Maret 2021.

Selain itu, Bambang menambahkan, pemeriksaan dengan metode pengambilan lewat air liur atau saliva sudah dilaksanakan di berbagai negara. Bahkan sejak tahun lalu. Di antaranya, Amerika Serikat, Spanyol, Thailand, Jepang dan Malaysia.

Alat yang digunakan untuk mengambil sampel tes PCR dan tes Saliva ini berbeda. Tes swab PCR harus menggunakan Q-tip atau cotton bud panjang dimasukkan ke belakang lubang hidung dan tenggorokan lalu diputar.

Baca juga : Jurus Jaga Kebugaran Dan Imun Saat Cuaca Tidak Menentu

Tes swab PCR ini dalam dunia medis sering disebut metode invasive. Sedangkan pada tes saliva, metodenya non invasive alias tanpa alat.

Sampel air liur diambil tanpa memasukkan alat ke dalam rongga tubuh manusia. Cukup meludah ke wadah kecil. Setelah itu, sampel tersebut dianalisis.

Meski sudah nyaris sempurna, Bambang meminta Kalbe Farma untuk tetap melakukan pengamatan dan pengujian ter­hadap validitas alat ini.

Baca juga : RSD Wisma Atlet Membanggakan

Sementara, peneliti RT LAMP, Akterono D Budiyati mengatakan, alat ini bisa mendeteksi varian baru Covid-19 B117 asal Inggris.

“Sudah kami coba dan alat kami bisa deteksi virus dengan jenis varian tersebut,” ujarnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.