Dark/Light Mode

Takut Corona, Cita Citata Irit Bicara Usai Digarap KPK

Jumat, 26 Maret 2021 17:38 WIB
Pedangdut Cita Citata usai diperiksa penyidik KPK dalam kasus suap bansos Kemensos di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jumat (26/3). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Pedangdut Cita Citata usai diperiksa penyidik KPK dalam kasus suap bansos Kemensos di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jumat (26/3). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pedangdut Cita Citata hari ini digarap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap proyek bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial (Kemensos).

Cita memenuhi panggilan komisi antirasuah. Didampingi asistennya, Cita datang ke markas KPK pukul 14.35 WIB. Berpakaian serba hitam, sampai maskernya, Cita tak mau menjawab pertanyaan wartawan. "Jaga jarak, jaga jarak," ucapnya sambil mengibaskan tangannya.

Pelantun lagu "Sakitnya Tuh di Sini" itu berjanji akan bicara setelah menjalani pemeriksaan. Sekitar dua jam kemudian, pukul 16.30 WIB, Cita keluar.

"Cita ingin menjadi warganegara yang baik, datang ke sini sebagai saksi dari kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial," ujarnya di pelataran lobi gedung KPK.

Baca juga : Juliari Ngaku Tak Tahu Soal Pembayaran Cita Citata, Pengacara Minta Aktornya Dikejar

Cita mengaku ditanyai beberapa pertanyaan oleh penyidik. Tapi dia tak mau mengungkap lebih detil soal pemeriksaan yang dijalaninya. Alasannya, takut karena tengah pandemi Corona.

"Sebenarnya ingin menjelaskan, tapi kerumunan seperti ini, jadi sangat berbahaya sekali. Cita janji di sosial media akan jelaskan detailnya," tutur Cita.

Dia juga ogah mengungkapkan berapa pembayaran yang diterimanya untuk mengisi acara Kemensos. Cita mengaku diundang pihak event organizer (EO) untuk menyanyi dalam acara tersebut.

"Jadi saya nggak tau apa-apa. Juliari Batubara ini juga nggak saya kenal," tutupnya seraya buru-buru menaiki mobilnya.

Baca juga : Tingginya Harga Daging Babi Hanya Terjadi Di 3 Daerah

Terpisah, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkapkan, Cita didalami soal pembayaran honor. "Apakah dia tahu uang yang dipakai membayar itu dari uang korupsi? Itu harus didalami," ujar Alex, Jumat (26/3).

Jika Cita tak tahu dan pembayarannya standar, atau dengan tarif yang biasa dia terima, maka menurut Alex hal itu tak jadi masalah.

"Kecuali kalau biasanya dia dibayar Rp 100 juta, kemudian dibayar Rp 3 miliar, tentu itu patut diduga sebagai cuci uang. Kita akan minta kelebihan dari tarif sebagaimana yang dia terima. Saya kira penyidik akan mendalami sampai di sana," tandasnya.

Nama Cita Citata mencuat setelah disebut di sidang kasus korupsi bansos Covid-19 Kemensos dengan terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja, penyuap eks Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (8/3).

Baca juga : Ma`ruf Berdoa Usai Disuntik

Dalam persidangan itu, Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos Kemensos, Matheus Joko Santoso membeberkan rincian penggunaan Rp14,7 miliar uang yang berasal dari fee perusahaan penyedia bansos.

Salah satu yang dibiayai duit haram itu, adalah pembayaran honor manggung Cita Citata di Labuan Bajo. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.