Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Juara Lagi Di Survei Capres

Prabowo Makin Di Atas Angin

Senin, 29 Maret 2021 07:20 WIB
Prabowo Subianto. (Foto: ANTARA/Wahyu Putro A)
Prabowo Subianto. (Foto: ANTARA/Wahyu Putro A)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga kali kalah dalam pemilihan presiden, bintang Prabowo Subianto masih tetap bersinar. Peluangnya untuk menggantikan Presiden Jokowi di Pilpres 2024, makin terbuka. Dalam berbagai survei capres, elektabilitas Ketum Gerindra itu selalu juara satu. Makin ke sini, Prabowo makin di atas angin.

Teranyar, survei yang dilakukan lembaga Charta Politika. Menurut survei tersebut, bila pilpres digelar sekarang, pemenangnya adalah Prabowo. Elektabilitas Menteri Pertahanan itu, berada di atas nama-nama beken lainnya, seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil.

Kira-kira begitu yang disampaikan Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Kebijakan, Aktivitas Masyarakat, dan Peta Politik Triwulan I 2021, yang digelar secara virtual, kemarin. Dalam acara itu, hadir lima narasumber lain. Mereka adalah Menkes Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria, dan politisi PKS Mardani Ali Sera.

Baca juga : Berkasnya Dilimpahkan Ke Jaksa, Edhy Prabowo Cs Segera Disidang

Survei Charta Politika ini digelar pada 20-24 Maret 2021, dengan metode wawancara telepon. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden. Dengan menggunakan asumsi simple random sampling, dan margin of error plus minus 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari simulasi 12 nama, elektabilitas Prabowo berada di urutan teratas dengan 19,6 persen. Di urutan kedua dan ketiga ada Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dengan elektablitas masing-masing sebesar 16 persen dan 12,6 persen. Posisi keempat ada Sandiaga Uno dengan 9,3 persen disusul Ridwan Kamil dengan 8,1 persen.

Di papan tengah, elektabilitas 3 sampai 5 persen di tempati Tri Rismaharini, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Mahfud MD. Sementara di papan bawah dengan elektabilitas 0-3 persen ada Erick Thohir, Moeldoko, Puan Maharani, dan Gatot Nurmantyo. Sementara sebanyak 15,2 persen pemilih memilih tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga : Anies Kalahkan Prabowo Dan Sandi Dalam Survei Capres, Riza Patria: Berlebihan

“Kalau kita lihat hasilnya, ada tiga besar yang berhasil melewati angka psikologi atau double digit yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies,” kata Yunarto.

Hasil serupa didapat saat menggunakan simulasi lima nama. Prabowo tetap di urutan teratas dengan 22,2 persen, disusul Ganjar 20 persen, dan Anies 14,2 persen. Kemudian Sandiaga 12,7 persen, dan Ridwan 9,1 persen. Serta sebanyak 21,7 persen belum menentukan pilihan.

Dari survei diketahui, Prabowo unggul di Sumatera dan Jawa Barat. Ganjar dan Ridwan Kamil unggul di daerahnya masing-masing. Sementara Anies mendapat banyak dukungan dari DKI Jakarta dan Banten.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.