Dark/Light Mode

Kilang Balongan Terbakar, Kang Emil: Keselamatan Warga Paling Utama

Senin, 29 Maret 2021 13:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Antara)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan, proses pemadaman kilang minyak Pertamina Refinary Unit (RU) VI di Balongan, Kabupaten Indramayu, sudah mulai terkendali. Dia juga mengatakan, keselamatan warga jadi hal yang utama.

Hal tersebut dikatakannya Kang Emil kepada wartawan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jabar, Kota Bandung, Senin (29/3).

Kang Emil berharap, api yang membakar Kilang Balongan dapat dipadamkan pada siang atau sore hari ini. Dia juga meminta warga untuk tidak panik.

Baca juga : BPBD Jabar: 1 Meninggal, 3 Korban Yang Terpental Ke Sawah Masih Dicari

“Keselamatan warga adalah yang utama," tegas Kang Emil.

Kang Emil memastikan, warga yang mengalami luka sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit umum daerah setempat. Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, saat ini ada lima orang luka berat dan 15 orang mengalami luka ringan.

Menurut dia, Pemprov Jabar terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Dia menginstruksikan BPBD Provinsi Jabar untuk memastikan semua kebutuhan warga yang mengungsi terpenuhi dan tetap aman dari penularan Covid-19.

Baca juga : Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Tekor 400 Ribu Barel BBM

"Warga yang berada di radius kilang potensi bahaya sudah diungsikan. Sekitar 500 orang sudah diungsikan Pertamina ke GOR dan Kantor Pendopo Indramayu," ujarnya.

Ia juga menuturkan, saat ini Pertamina telah mematikan sementara sistem operasi dan mencegah kebakaran agar tidak meluas. Hingga kini Pemda Provinsi Jabar masih menunggu informasi lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran.

"Pertamina memastikan pasokan BBM tidak terganggu," tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.