Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Balongan Masih Terbakar

Ahok Tampil Cool

Rabu, 31 Maret 2021 07:27 WIB
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kedua kiri) saat meninjau ruang kontrol di Kilang Balongan, Senin (29/3). (Foto: Instagram/pertamina)
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kedua kiri) saat meninjau ruang kontrol di Kilang Balongan, Senin (29/3). (Foto: Instagram/pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diam-diam, Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncur ke Indramayu, Jawa Barat, untuk mengecek kondisi Kilang Balongan yang terbakar. Ahok datang dengan penampilan cool. Tak sampai marah-marah.

Kilang Balongan terbakar hebat pada Senin dini hari kemarin. Awalnya, banyak pihak menganggap Ahok diam saja dengan kebakaran itu. Pasalnya, Ahok tidak memberikan komentar apa-apa. Dia malah meminta wartawan bertanya ke Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Rupanya, di hari pertama terjadinya kebakaran itu, Ahok sudah meluncur ke Balongan. Dia datang ditemani Condro Kirono, yang juga komisaris di Pertamina. Ahok datang dengan baju terusan biru dengan kelir merah putih di bagian atasnya. Baju ini merupakan pakaian resmi para pekerja lapangan Pertamina.

Di lokasi, Ahok melihat lokasi terbakarnya tangki T301 di kilang refinery unit VI Balongan. Dia juga berkunjung ke control room atau ruang kendali. Kemudian, melihat upaya pemadaman api maupun penanganan warga terdampak.

Baca juga : BPIP Bantu Warga Terdampak Terbakarnya Balongan

Dalam foto-foto yang diunggah di Instagram Pertamina, kemarin, terlihat wajar Ahok cool. Meski tertutup masker, air mukanya terlihat tenang. Tidak tampak marah dengan kebakaran yang terjadi.

Dalam keterangan yang dikirim ke media, Ahok juga tak ragu memuji Direksi Pertamina dalam upaya pemadaman api. “Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pertamina untuk penanganan insiden dan dampaknya kepada masyarakat," ujarnya, kemarin.

Namun begitu, Ahok tetap meminta agar evaluasi dilakukan secara menyeluruh. Agar kebakaran serupa tak terulang lagi di kemudian hari. 

Setelah memantau, Ahok melanjutkan kunjungan ke fasilitas utama Kilang. Dia ingin memastikan kondisi Kilang Balongan tetap aman karena tangki yang terbakar berada cukup jauh dari kilang.

Baca juga : Ahok Kesiram Abunya

Hingga kemarin, kebakaran tangki T301 Kilang Balongan belum padam. Petugas pemadam kebakaran dan petugas PT Pertamina terus berjibaku menjinakkan api yang melalap tangki berisi minyak tersebut. Kilang Balongan pun belum bisa beroperasi lagi.

Meski begitu, kondisi kemarin sudah lebih baik dari hari sebelumnya. Api dan asap yang membumbung tidak lagi sebesar yang terjadi pada Senin kemarin. Kilang minyak Pertamina RU VI masih belum aktif beroperasi.

Kunjungan Ahok ke Balongan mendapat beragam tanggapan dari warganet. Ada yang mengapresiasi, ada juga yang malah minta bantuan. 

Akun @made.anandaa memuji langkah Ahok yang langsung turun ke Balongan. “Mantul Pak Ahok,” tulisnya, sambil membubuhkan tanda jempol. “Semoga cepat selesai Pak dan kembali normal,” tulis @cahdi24.

Baca juga : Kilang Balongan Terbakar, Kang Emil: Keselamatan Warga Paling Utama

Namun, akun @alya_1175 meminta uluran tangan Ahok untuk ibunya di Balongan. “Rumah ibu saya di Wismajati Balongan rusak parah ditambah sekarang hujan kebanjiran. Pak @basukibtp dan sekarang ibu saya ada di pengungsian. Tolong utamakan kesehatan masyarakat setempat, Pak. Beri juga makanan dan minuman,” tulisnya. 

“Sudah ditinjau dan didatangi langsung oleh Bupati Indramayu @ninaagustina.official dan Menteri Sosial @tri.rismaharini. Cek lebih lanjut di @diskominfoindramayu,” jawab @hilmy_negara. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.