Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pastikan Keamanan Ibadah Paskah, Panglima TNI Cek 4 Gereja Di Makassar

Jumat, 2 April 2021 17:16 WIB
Pastikan Keamanan Ibadah Paskah, Panglima TNI Cek 4 Gereja Di Makassar

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung pengamanan di 4 gereja Katolik dan Kristen di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/4). Demi mengantisipasi ancaman teroris, menyusul dua aksi teror di Tanah Air dalam sepekan terakhir.

Empat lokasi yang dikunjungi Panglima TNI Marsekal Hadi bersama Kepala Bagian Intelijen dan Keamanan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Kabagintelkam Mabes Polri) Komisaris Jenderal Pol Paulus Waterpauw adalah Gereja Paroki Maria Ratu Kare, Gereja Manggamaseang, Gereja Katedral Makassar, dan Gereja Immanuel. Seluruhnya berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kunjungan pertama panglima TNI bersama Kabagintelkam Mabes Polri ke Gereja Paroki Maria Ratu Kare, disambut oleh sejumlah pengurus gereja dan jemaat yang tengah berada di gereja untuk ibadah misa Jumat Agung.

Baca juga : Pelaksanaan Ibadah Paskah Di Lebak Banten Berlangsung Aman

Panglima TNI sempat menyapa anggotanya dan menanyakan jumlah panser yang ditempatkan di lokasi gereja. "Ada berapa yang siaga," kata Marsekal Hadi ke salah satu anggotanya yang berada di atas panser, seperti dilansir Antara, Jumat (2/4).

"Siap, empat," jawab anggota TNI yang ditanya oleh Hadi.

Tidak hanya memeriksa pengamanan, Panglima TNI juga berbicara kepada pengurus gereja, salah satunya Pastor Paroki Kaitanus Saleky bahwa situasi aman setelah ada aksi teror di Gereja Katedral Makassar.

Baca juga : Jangan Khawatir, Panglima TNI Pastikan Perayaan Paskah Di Makassar Dan Manokwari Aman Dan Kondusif

Ia juga meminta pengurus gereja agar tidak ragu meminta bantuan kepada anggota TNI/Polri jika ada masalah atau gangguan selama rangkaian ibadah perayaan Hari Paskah.

Sementara itu Panglima TNI bersama Kabagintelkam Mabes Polri juga mengunjungi Gereja Manggamaseang. Ia menemui Pelaksana Harian Majelis Jemaat (PHMJ) Gereja Manggamaseang Freddy Tampake di luar pintu masuk bangunan utama gereja.

Ia bersama Komjen Pol Paulus juga meyakinkan pengurus gereja bahwa situasi tetap aman terkendali.

Baca juga : Wagub Jabar Pastikan Pertamina Ganti Rugi Rumah Warga Yang Terdampak Kebakaran Di Area Kilang Balongan

Rombongan dijadwalkan melanjutkan perjalannan ke Gereja Katedral Makassar dan Gereja Immanuel.

Kegiatan tersebut merupakan upaya memastikan keamanan di tempat-tempat ibadah di Kota Makassar, khususnya dari ancaman pelaku teror mengingat Umat Kristiani tengah menjalani rangkaian ibadah Hari Raya Paskah, termasuk di antaranya ibadah misa Jumat Agung.

Panglima TNI Marsekal Hadi bersama rombongan juga dijadwalkan meninjau pengamanan gereja-gereja di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (3/4), satu hari sebelum Hari Raya Paskah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.