Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasca Bom Bunuh Diri

Angkasa Pura I Perketat Keamanan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Minggu, 28 Maret 2021 16:29 WIB
Libatkan TNI-Polri, Angkasa Pura I  melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke area bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan melakukan peningkatan random check di area pengambilan tiket parkir. (dok. Angkasa Pura I)
Libatkan TNI-Polri, Angkasa Pura I  melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke area bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan melakukan peningkatan random check di area pengambilan tiket parkir. (dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan peningkatan keamanan di seluruh bandara kelolaan, termasuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, pascapengeboman yang terjadi di depan rumah ibadah di Makassar sekitar pukul 10.20 WITA. 

Manajemen Angkasa Pura I secara responsif langsung melakukan peningkatan upaya pengamanan di seluruh bandara pasca peristiwa pengeboman di Makassar yang terjadi Minggu pagi tadi.

"Hal ini dilakukan mengingat bandara merupakan objek vital negara sehingga perlu diantisipasi potensi ancaman lanjutan dari peristiwa tersebut," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Minggu (28/3/2021).

Adapun upaya peningkatan keamanan di seluruh bandara kelolaan, yaitu:

1. Meningkatkan pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke area bandara dengan melakukan peningkatan random check di area pengambilan tiket parkir dan melibatkan pendampingan petugas TNI dan Polri yang sudah diperbantukan.

2. Melakukan patroli gabungan untuk pemeriksaan keamanan di area perimeter bandara.

Baca juga : PPP Kutuk Keras Bom Bunuh Diri Di Depan Gereja Katedral Makassar

3. Meningkatkan ketelitian petugas bandara dalam melalukan pemeriksaan terhadap orang atau petugas dan kendaraan yang memasuki area sisi udara (airside).

4. Memperketat keamanan di terminal kargo dan regulated agent melalui koordinasi intensif dengan operator jasa terkait.

5. Meningkatkan pengamanan dan penjagaan Depo Pengisian Bahan Bakar Pesawat.

6. Melaksanakan pemeriksaan secara konsisten di area screening check point (SCP) dan memastikan orang yang masuk ke area terbatas harus memperlihatkan kartu identitas bandara.

7. Meningkatkan patroli di SCP 1 dan 2.

8. Memeriksa seluruh gorong-gorong di bandara.

Baca juga : Saksi Mata Duga Pelaku Bom Bunuh Diri Di Depan Gereja Katedral Makassar Perempuan

9. Melakukan security awareness briefing kepada seluruh mitra bandara. 

Angkasa Pura I juga terus berkoordinasi secara intensif dengan otoritas bandara terkait kebijakan peningkatan keamanan bandara dan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mengidentifikasi kemungkinan potensi ancaman.

Adapun upaya peningkatan keamanan ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Bagi calon penumpang dan pengguna jasa bandara yang tengah berada di bandara atau yang akan menuju bandara, kami mohon maaf jika upaya peningkatan keamanan ini mengganggu kenyamanan. Hal ini dilakukan demi keselamatan dan keamanan kita bersama," tegas Faik Fahmi.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono Argo menyebut ledakan di area Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021) melukai 14 orang.

Dari hasil informasi di lapangan juga ditemukan sepeda motor yang sudah hancur dan beberapa bagian tubuh yang diduga milik pelaku.

Baca juga : JK Kutuk Keras Aksi Bom Bunuh Diri Di Depan Gereja Katedral Makassar

Korban adalah sejumlah keamanan gereja dan jemaat Gereja yang rata-rata mengalami luka di bagian leher, dada, muka, tangan dan kaki.

“Jadi ada 14 korban yang sekarang masih dalam perawatan, yang sedang ditangani oleh dokter dan mudah-mudahan yang sakit-sakit ringan bisa segera kembali,” ucap Argo dalam konferensi pers, Minggu (28/3/2021).

Argo menyebut ledakan terjadi sekitar pukul 10.20 WITA di pintu gerbang Gereja. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.