Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Telkom Tingkatkan Keamanan Layanan Publik Di Ditjen Imigrasi

Minggu, 14 Maret 2021 21:56 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mendukung pengembangan digitalisasi ekosistem layanan publik Direktorat Jendral (Ditjen) Imigrasi. Hal itu disepakati saat Courtesy Visit oleh Direktur Enterprise & Business Service, Telkom Edi Witjara kepada Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting.

Edi mengatakan, perkembangan informasi mengenai kebutuhan Information Communication Technology (ICT) guna mendukung setiap program kerja yang akan dilakukan. “Telkom siap mendukung program pemerintah khususnya revolusi digital layanan publik pada Ditjen Imigrasi,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (12/3).

Baca juga : Gandeng Ibunda.id, Guardian Buka Layanan Psikologis Gratis

Telkom akan menciptakan sistem pengawasan keimigrasian menggunakan Advance Passengers Information System (APIS), terutama melalui informasi mengenai identitas diri dari orang yang akan masuk kedalam wilayah NKRI.

“Mengingat pentingnya Securiport dalam optimalisasi pengawasan di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI), kami dari Telkom akan mendukung penuh serta berperan aktif dalam optimalisasi pemanfaatan securiport, serta layanan berbasis digital di Ditjen Imigrasi,” tuturnya.

Baca juga : Kunker Ke Kalsel, Wamen LHK Pastikan Penanganan Pasca Banjir Terintegrasi

Hal ini sejalan dengan apa yang telah diresmikan Kemenkumham terkait pengukuhan revolusi digital pelayanan publik pada 11 unit pusat kerjanya.

“Penerapan teknologi informasi juga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang efektif serta efisien terhadap masyarakat. Ini merupakan upaya transformasi pelayanan publik ke arah digital demi mempercepat dan memudahkan pelayanan,” katanya.

Baca juga : Ringankan Beban Warga, UBL Bagikan Sayur dan Sembako Gratis

Menkumham Yasonna Laoly menyatakan, pelayanan publik yang prima bukan sekedar mengikuti trend global, melainkan diarahkan untuk mewujudkan good governance, yakni tata pemerintahan yang baik, transparansi serta akuntabilitas dalam proses pemerintahan.

"Hal ini akan menciptakan pengawasan keimigrasian secara dini dan lebih komprehensif yang pelaksanaannya," pungkasnya. [DWI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.