Dark/Light Mode

Akibat Aktivitas Subduksi, Gempa Malang Terasa Sampai Lombok Utara

Sabtu, 10 April 2021 16:03 WIB
Kerusakan rumah akibat gempa M6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4). (Foto: Facebook Daryono BMKG)
Kerusakan rumah akibat gempa M6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4). (Foto: Facebook Daryono BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik bermagnitudo M6,7 pada Sabtu (10/4) pukul 14.00 WIB.

Gempa itu kemudian dimutakhirkan menjadi M6,1.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Baca juga : Jokowi Apresiasi Paradigma Baru LDII Yang Lebih Terbuka Dan Toleran

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," demikian bunyi rilis resmi BMKG, Sabtu (10/4).

Guncangan gempa dirasakan dengan skala V MMI (Modified Mercalli Intensity) di daerah Turen. Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Baca juga : Jangan Takut Divaksin, Sinovac Dan AstraZeneca Sama Baiknya

Di Karangkates, Malang, Blitar, getaran terasa dalam skala IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sementara di Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara, gempa terasa dengan skala II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa yang diyakini tidak berpotensi tsunami.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.