Dark/Light Mode

Gempa Tektonik Guncang Wilayah Jatim, Sebagian Jateng, Dan Yogyakarta

Minggu, 11 April 2021 13:08 WIB
Gempa Tektonik Guncang Wilayah Jatim, Sebagian Jateng, Dan Yogyakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Wilayah Jawa Timur, sebagian Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali diguncang gempa tektonik. Gempa yang terjadi pada Minggu (11/4) pukul 06.54 WIB, merupakan gempa susulan kedelapan.

Gempa ini memiliki magnitudo update 5,3 dengan episenter terletak di laut pada jarak 71 km arah selatan Kota Kepanjen, Malang dengan kedalaman 102 km.

Gempa susulan ini merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi atau patahan pada bagian Lempeng Indo-Australia, yang tersubduksi atau menunjam ke bawah Pulau Jawa.

Baca juga : Langganan Gempa Merusak Di Jawa Timur, Wilayah Selatan Malang Patut Diwaspadai

Mekanisme sumber gempa menunjukkan terjadinya pergerakan naik (thrust fault).

Karena hiposenternya relatif dalam, maka guncangan yang ditimbulkan kembali dirasakan dalam wilayah luas seperti di Malang III-IV MMI, Pacitan, Wonogiri, Trenggalek dalam skala intensitas III MMI.

Sementara di Nganjuk, Ponorogo, Blitar merasakan guncangan II-III MMI dan di Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo II MMI.

Baca juga : Gempa Hebat Sudah Diramal Mbah Mijan Sejak Pekan Lalu, Ini Buktinya

Gempa ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya relatif kecil untuk dapat menjadi gempa pembangkit tsunami di samping memang hiposenternya yang cukup dalam, yaitu 102 km.

Gempa dirasakan ini merupakan bagian dari rangkaian gempa susulan (aftershocks) dari gempa utama (mainshock) berkekuatan 6,1 yang terjadi pada hari Sabtu kemarin, 10 April 2021 pukul 14.00.16 WIB.

Hingga hari Minggu pagi ini, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi aktivitas gempa susulan sebanyak 8 kali, dengan magntiudo berkisar 3,1 hingga 5,3. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.