Dark/Light Mode

Ditanya Soal Capres

Ganjar Tampil Bijak

Sabtu, 24 April 2021 07:24 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Instagram/ganjar_pranowo)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Instagram/ganjar_pranowo)

 Sebelumnya 
Atas sikap Ganjar yang tak terlalu antusias merespons elektabilitasnya yang tinggi, timbullah banyak tafsir. Ada yang bilang karena ada kendala dukungan dari PDIP. Ada juga yang menyebut sikap demikian sudah tepat karena Ganjar saat ini harus fokus pada tugasnya sebagai gubernur.

Salah satu yang bilang tepat adalah pakar komunikasi politik Anthony Leong. Selain Ganjar, sosok lain di top 5 elektabilitas di sejumlah lembaga survei juga kerap menunjukkan sikap demikian. Sebagian besar berlatar belakang kepala daerah, seperti Ganjar, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil. Lalu, ada juga sosok yang berlatar belakang menteri seperti Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Baca juga : Pak Jokowi Tak Bisa Didikte

"Memang jangan terlalu dini bicara 2024, karena mereka harus fokus ke pembangunan. Jangan sampai nanti malah sibuk berpolitik," kata Anthony.

Ia berharap, survei-survei Capres 2024 tidak terlalu sering dirilis saat ini. Selain karena terlalu dini, survei tersebut juga memicu perbincangan publik. Sehingga mengganggu konsentrasi para kepala daerah dan menteri yang digadang-gadang potensial nyapres.

Baca juga : Survei LPMM, Airlangga Capres Terkuat, Golkar Tempel PDIP

"Cukup bijak (sikap Ganjar). Jangan sampai juga dia malah mengkapitalisasi survei-survei ini," pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.