Dark/Light Mode

AP I Dan KAI Perketat Syarat Calon Penumpang

Kini, Masa Berlaku Hasil Tes Corona Cuma 1 Hari

Minggu, 25 April 2021 05:20 WIB
Ilustrasi rapid test. (Foto : Shutterstock).
Ilustrasi rapid test. (Foto : Shutterstock).

 Sebelumnya 
Dia menjelaskan, terdapat perubahan masa berlaku hasil negatif tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen untuk naik KA Jarak Jauh. Dari sebelumnya maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan menjadi maksimal 1 x 24 jam.

“Aturan ini berlaku untuk pe­langgan KA Jarak Jauh keberang­katan periode 24 April sampai 5 Mei dan 18 Mei sampai 24 Mei 2021,” tegasnya, kemarin.

Baca juga : Catat! Ini Masa Berlaku Tes PCR Cs Buat Naik KA Jarak Jauh Yang Baru

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin melengkapi persyaratan menggunakan KA Jarak Jauh, KAI telah menyedia­kan layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen seharga Rp 85 ribu di 42 Stasiun, serta pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30 ribu di 44 Stasiun.

Selama April 2021, rata-rata KAI melayani 16 ribu calon penumpang per hari yang melakukan screening Covid-19 di Stasiun. Sebanyak 86 persen di antaranya memilih mengguna­kan GeNose C19.

Baca juga : Polisi Myanmar Ngaku Disuruh Tembak Demonstran Sampai Mati

“KAI mendukung penuh upa­ya pemerintah terkait pengetatan aturan pada periode pra dan pasca peniadaan mudik, guna memutus mata rantai penyeba­ran Covid-19,” imbuhnya.

Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengungkapkan, ke­berangkatan pengguna jasa dari wilayah Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Pasar Senen dan Gambir pada pekan ini, terpantau normal atau tidak terjadi lonjakan. Bah­kan, jumlah perjalanan KA yang beroperasi tetap sama dengan pekan sebelumnya.

Baca juga : Pelni Mulai Pakai GeNose Untuk Tes Covid-19

Ia mencontohkan, pada Jumat (23/4) terdapat 17 KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, dengan rata-rata volume berdasarkan data pemesanan tiket sementara, hingga pukul 16.00 WIB terdapat sekitar 6 ribu penumpang. Sementara untuk Stasiun Gambir terdapat 16 KA dengan rata-rata volume berdasarkan data reservasi se­mentara pukul 16.00 WIB seki­tar 4.000 penumpang.

“Jumlah perjalanan dan volume rata-rata penumpang berangkat pada pekan ini sama dengan pekan sebelumnya,” pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.