Dark/Light Mode

Kucurkan Rp 23,5 Miliar

PLN Terangi 10 Desa Terluar Di Banggai Laut Dan Banggai Kepulauan

Senin, 26 April 2021 16:01 WIB
Ilustrasi proses penyalaan listrik rumah warga di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). (Dok. PLN)
Ilustrasi proses penyalaan listrik rumah warga di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Untuk melistriki 6 Desa di Kabupaten Banggai Laut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 24,48 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah 8,79 kms, dan Gardu Distribusi sebanyak 8 Unit berkapasitas 300 kVA.

Pasokan listriknya sendiri diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bangkurung dengan daya mampu 200 kiloWatt (kW).

Baca juga : Perpanjang SIM Bisa Dari Rumah, Bayarnya Lewat VA BNI

Sedangkan untuk melistriki 4 Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan, PLN membangun JTM sepanjang 24,89 kms, JTR 5,37 kms, dan Gardu Distribusi sebanyak 5 Unit berkapasitas 200 kVA.

Pasokan listriknya diperoleh dari PLTD Lumbi-Lumbia dan PLTD Bulagi dengan daya mampu masing-masing 350 kW dan 865 kW. Potensi pelanggan yang dapat menikmati listrik di 2 Kabupaten sebanyak 1.611 pelanggan.

Baca juga : BKS: Jika Tak Dilarang, 81 Juta Orang Bakal Pulang Kampung

PLN akan terus mendukung program pemerintah untuk menghadirkan listrik yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Saat ini Kabupaten Banggai Laut memiliki rasio elektrifikasi PLN sebesar 90,83 persen dengan rasio elektrifikasi total mencapai 95,66 persen.

Sementara untuk Kabupaten Banggai Kepulauan rasio elektrifikasinya sudah 100 persen.

Baca juga : Kontrakan Terduga Teroris Di Banjaran, Bandung Digerebek Densus 88

PLN juga telah melakukan sosialisasi kepada pelanggan untuk dapat memanfaatkan promo yang sedang dikeluarkan oleh PLN, antara lain: Promo Tambah Daya Super Electrilife, Ramadan Berkah, Ramadan Peduli serta gerakan konversi kompor gas ke kompor induksi.

Pelanggan dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan dalam mengakses layanan PLN. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.