Dark/Light Mode

Gempa M4,6 Guncang Gunung Kidul, Tidak Berpotensi Tsunami

Selasa, 27 April 2021 11:15 WIB
Peta lokasi gempa Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (27/4).  (Foto: Stageof Sleman)
Peta lokasi gempa Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (27/4). (Foto: Stageof Sleman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta diguncang gempa M4,6 pada Selasa (27/4) pukul 10.22 WIB. 

Berdasarkan info Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlokasi di 8,74 Lintang Selatan,110.27 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut yang berjarak 91 km arah barat daya Gunung Kidul. Gempa berkedalaman 24 km itu dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II Gunung Kidul, II Bantul, II Sleman, II Wonogiri.

Baca juga : Empat Pilar Kebangsaan Modal Tingkatkan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Dalam gempa berskala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kepala Stasiun Geofisika Sleman, Ikhsan menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.

"Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.Sampai pukul 10.45 WIB siang ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," papar Ikhsan dalam keterangannya, Selasa (27/4).

Baca juga : Awal Pekan, Rupiah Langsung Bikin Dolar Tak Berkutik

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, atau tidak mengalami kerusakan akibat getaran gempa, yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi soal gempa hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. [HES]

Baca juga : Gempa M5,5 Getarkan Jantho Aceh Besar, Tak Berpotensi Tsunami

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.