Dark/Light Mode

Empat Pilar Kebangsaan Modal Tingkatkan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Minggu, 25 April 2021 20:55 WIB
Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Ferdiansyah saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Gedung PGRI Tarogong Kidul, Garut, Jabar, Jumat (16/4). (Foto: Ist)
Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Ferdiansyah saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Gedung PGRI Tarogong Kidul, Garut, Jabar, Jumat (16/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Ferdiansyah menegaskan, Empat Pilar Kebangsaan menjadi modal bagi Indonesia dalam meningkatan ekonomi di Pandemi Covid-19.

Ferdiansyah menyatakan hal tersebut saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di depan mahasiswa STH Garut, STIKES Karsa Husada, STIE Yasa Anggana, pedagang dari Aukaresmi, dan Buruh di Gedung PGRI Tarogong Kidul, Garut, Jabar, Jumat (16/4).

Empat pilar kebangsaan tersebut, kata Ferdiyansyah, adalah Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga : Senayan: Upaya Penegakan Hukum Pidana Jangan Kendor

"Salah satu dari empat pilar itu adalah Pancasila. Ini adalah ideologi bangsa, falsafah hidup, dan dasar negara, yang digali Bung Karno dari kebudayaan dan kearifan lokal bangsa Indonesia. Pertama kali dicetuskan Bung Karno dalam pidato 1 Juni 1945. Artinya, Pancasila itu memang bersumber atau berasal dari rakyat Indonesia sendiri," kata Ferdiansyah saat acara yang digelar jelang buka puasa dan dihadiri sekitar 150 orang peserta ini.

Menurutnya, tantangan Indonesia kekinian setidaknya ada dua. Pertama, memulihkan dampak pandemi Covid-19, dari mulai sektor kesehatan, sosial, hingga ekonomi. Kedua, makin masifnya perubahan budaya bangsa.

"Nilai-nilai dalam Empat Pilar Kebangsaan dapat menjawab tantangan kekinian. Misalnya bagaimana kita membangun gotong royong dan kepedulian. Coba tengok tetangga kanan dan kiri, jangan sampai ada yang kesusahan, atau bahkan tak bisa makan. Mari saling bantu," imbau Ferdiansyah.

Baca juga : Doa Terbaik Untuk Awak KRI Nanggala-402, Puan Minta Pencarian Terus Dioptimalkan

Dia juga mengajak warga untuk membangun ketahanan pangan berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

"Tanam sayuran dan buah-buahan. Budidaya ikan atau kembangkan ternak skala mikro-kecil. Ini bisa menjadi jalan bisnis sekaligus memperkuat ketahanan pangan berbasis keluarga," ujarnya.

Tak lupa, Ferdiansyah mengajak masyarakat untuk selalu menjunjung tinggi budaya bangsa. Meski karena pandemi kondisi jadi berbeda dari sebelumnya, tak lagi berjabat tangan dan tatap muka secara langsung, budaya gotong royong dan saling membantu itu jangan sampai hilang.

Baca juga : Profesional, Gerindra Puji Kinerja Menkes Dan Menparekraf

Anggota DPR lima periode ini selalu menutup materi dengan pantun. Karena pantun merupakan warisan budaya dunia tak benda yang dberikan kepada Indonesia. "Maka itu kita patut berbangga dan berbahagia menjadi warga negara Indonesia," tandas Ferdiansyah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.