Dark/Light Mode

Indonesia Negeri 1.000 Bencana

Minggu, 2 Mei 2021 07:20 WIB
Seorang warga mengamankan barang beharga miliknya diantara reruntuhan rumahnya di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021) lalu. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)
Seorang warga mengamankan barang beharga miliknya diantara reruntuhan rumahnya di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021) lalu. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)

 Sebelumnya 
“Dilihat dari periode awal 2021, total jumlah kejadian mengalami kenaikan 1 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan korban meninggal, total jumlah mengalami kenaikan 1,83 persen,” ujar Raditya dalam keterangan resminya, kemarin.

Dia mengimbau, masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Sebab ancaman bencana hidrometeorologi belum berakhir. “Buktinya kejadian tanah longsor di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, menjelang akhir April lalu,” ujarnya.

Baca juga : 99 Group Indonesia Kenalkan Deputy CEO Baru

Selain potensi bahaya hidrometeorologi, Raditya juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi bahaya geologi, khususnya gempa bumi. “Gempa bumi dapat terjadi kapan dan di mana saja,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Bukhori Yusuf tidak kaget Indonesia bakal menjadi market bencana. “Berapa kali Kepala BNPB Pak Doni Monardo bilang indonesia memang marketnya bencana,” ucapnya.

Baca juga : Menkes Tidak Panik

Untuk itu, dia mendesak pemerintah bertindak lebih konkret untuk masyarakatnya. Tidak cukup menyikapi bencana secara natural. Karena bencana ni tidak berdiri sendiri melainkan perihal perilaku manusia dan ketetapan takdir Tuhan.

“Dari sini saya kira pemerintah harus menyiapkan secara bijak. Kalau kita sikapi materil dan kondisi alam semata saya kira akan celaka. Tapi kalau menyikapi hanya ketetapan takdir Tuhan juga salah besar,” imbuh politisi PKS itu.

Baca juga : Yuk, Indonesia Tetap Waspada Dan Tak Jumawa

Menurutnya bencana itu merupakan peringatan kepada manusia yang tidak mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya. “Mungkin juga ada kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan alam itu sendiri. dan mungin juga ada kebijakan pemritah yang tidak sesuai dengan postur atau natural alam Indonesia,” ujarnya.

Akun @deniadea pun merasakan kehebatan bencana di tahun 2021. “Tahun 2021 bencana demi bencana terjadi di negeri tercinta Indonesia. Semoga kita semua senantiasa berada di lindungan-Nya,” pungkasnya. “Semoga terjalin kerjasama antara @BNPB_Indonesia dan @MicrosoftID dalam pengadaan robot penyelamat. Snakebot adalah terobosan penting buat negara 1000 bencana seperti Indonesia. Cc @KSPgoid @setkabgoid,” terang @iskanderjet. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.