Dark/Light Mode

Selama Libur Lebaran

Magelang Top, Candi Borobudur Ditutup, Semua Tempat Wisata Off Dulu

Senin, 10 Mei 2021 13:42 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek kondisi di Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (10/5). (Foto: Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek kondisi di Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (10/5). (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Kabupaten Magelang, yang menutup seluruh obyek wisata selama libur Lebaran 2021/1442 H. Termasuk, Candi Borobudur. 

Destinasi wisata unggulan Jawa Tengah itu bahkan sudah ditutup sejak 8 Mei lalu, dan baru akan dibuka pada 17 Mei mendatang. 

“Mudah-mudahan, yang di Magelang ini juga bisa menjadi contoh” kata Ganjar, usai mengecek kondisi di Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (10/5).

Baca juga : Cegah Covid-19, Candi Borobudur Ditutup Sementara Mulai Hari Ini

Ganjar menambahkan, beberapa daerah sudah lapor untuk menutup obyek wisata, antara lain Wonogiri dan Kebumen. Namun, pihaknya melihat masih ada data soal pariwisata di Kebumen.

“Yang sudah menyampaikan nih kabupaten Magelang yang menutup semuanya, kemarin Wonogiri juga, informasinya Kebumen juga.Cuma yang di Kebumen, saya lihat datanya masih ada,” ucapnya.

Ganjar meminta pemerintah daerah, agar memperhatikan potensi keramaian di tempat pariwisata. Pengawasan harus ketat. jjika tidak, maka lebih baik tutup.

Baca juga : Kado Lebaran, 14.906 Napi Di Rutan Sumut Dapat Remisi Khusus

“Potensi-potensi tempat pariwisata yang kerumunannya banyak, saya sarankan juga untuk diperhatikan. Kalau kira-kira agak berat untuk mengawasi, ditutup saja. Itu jauh lebih baik,” tegasnya.

Daerah lain yang masih membuka tempat wisata,  harus memastikan beroperasi sesuai dengan izin. Kapasitas yang diperkenankan, tidak boleh lebih dari 30 persen. Sehingga, memudahkan kontrol terhadap kerumunan.

"Kita semua berikhtiar berkontribusi menjaga agar aman,” tandasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.